PERAN SISTEM KOMPUTERISASI HAJI TERPADU ( SISKOHAT) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN IBADAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MAGELANG

hairani, Rini (2024) PERAN SISTEM KOMPUTERISASI HAJI TERPADU ( SISKOHAT) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN IBADAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Rini Hairani_430201938 MD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI Rini Hairani_430201938 MD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hairani, Rini. 2023. Peran Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Dalam Meningkatkan Pelayanan Ibadah Haji di Kementerian Agama Kabupaten Magelang. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Manajemen Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing. Avin Wimar Budyastomo, M. Kom. Kata Kunci: SISKOHAT, Haji, Pelayanan, Kemenag. Penelitian ini memiliki tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui peran sistem komputerisasi haji terpadu (SISKOHAT) dalam meningkatkan pelayanan ibadah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang dan mengetahui manfaat adanya penerapan Siskohat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan peneliti adalah menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Peneliti dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian Peran SISKOHAT pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang dalam dimensi kualitas pelayanan adalah sebagai berikut: 1). Tangibles (Fisik), peran SISKOHAT dalam dimensi ini sebagai penyedia layanan masyarakat dari aspek fisik atau materi. 2). Reliability (Keandalan), peran SISKOHAT dalam dimensi ini sebagai penyedia pelayanan dari dengan tepat dan keakuratan informasi. 3). Responsiveness (Responsif), peran SISKOHAT dalam dimensi ini sebagai penyedia pelayanan yang cepat dan efektif merespon permasalahan masyarakat. 4). Assurance (Jaminan), peran SISKOHAT dalam dimensi ini sebagai penyedia pelayanan yang terpercaya dan profesional. 5). Empathy (empati), peran SISKOHAT dalam dimensi ini sebagai penyedia layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dapatmenciptakan hubungan yang positif dengan masyarakat. Sedangkan manfaat penerapan SISKOHAT di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang adalah sebagai adalah memberikan keakuratan dan kejelasan data yang akurat terkait calon jamaah haji dan proses proses yang berhubungan dengan calon jamaah haji, serta mempermudah pelayanan untuk calon jamaah haji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2024 19:34
Last Modified: 19 Mar 2024 19:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20001

Actions (login required)

View Item View Item