PERLINDUNGAN HAK CIPTA TERHADAP PLAGIASI HASIL DESAIN GRAFIS PERSPEKTIF UU NO 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN HUKUM ISLAM

lestari, Zakia indah ayu (2024) PERLINDUNGAN HAK CIPTA TERHADAP PLAGIASI HASIL DESAIN GRAFIS PERSPEKTIF UU NO 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN HUKUM ISLAM. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ZAKIA INDAH AYU LESTARI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ZAKIA INDAH AYU LESTARI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ZAKIA INDAH AYU LESTARI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ZAKIA INDAH AYU LESTARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Zakia Indah Ayu, Perlindungan Hak Cipta Terhadap Plagiasi Hasil Desain Grafis Perspektif Uu No 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Dan Hukum Islam, Skripsi, Fakultas Syariah, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Taufiq Zamzami M.A. Kata Kunci: Hak Cipta, Desain Grafis, Internet, UU Hak Cipta, Hukum Islam. Pesatnya perkembangan internet diera digital ini diakui membawa kemudahan bagi setiap orang. Selain membawa dampak positif, kemudahan tersebut juga dapat menjadi celah kejahatan yang dapat merugikan orang lain. Hal ini juga berdampak pada industri kreatif yang dapat menjadi ancaman bagi keberadaan perlindungan hak cipta diinternet Pelanggaran tersebut dapat mencedarai hak ekonomi maupun hak moral pencipta yang pada akhirnya dapat berakibat hilangnya semangat dan minat untuk untuk menciptakan desain baru yang kreatif dan inovatif. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis akan mengangkat pokok permasalahan yaitu 1) praktik plagiasi hasil desain grafis akun Jasa Design Poster Leaflet. 2) Perlindungan hak cipta terhadap hasil desain grafis di akun Jasa Design Poster Leaflet instagram perspektif uu no 28 tahun 2014 tentang hak cipta dan hukum islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode analisis data kualitatif. Lalu tahap akhir yaitu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil desain grafis pada akun instagram Jasa Design Poster Leaflet mengandung nilai komersial yang tinggi dan kerugian desain yang telah diplagiasi yaitu -+ Rp.250.000 /desainnya. 2) Meskipun UU No 28 tahun 2014 tentang hak cipta tidak menyebutkan secara spesifik perlindungan untuk karya cipta desain grafis, namun beberapa sektor penerapan hukumnya cukup baik dan efektif dalam melindungi dari segala bentuk pelanggaran. Menurut hukum islam hak cipta dikategorikan sebagai salah satu bentuk kepemilikan pribadi (milkiyyah al-fardiyyah), sebagaimana bagian dari kepemilikan atas suatu benda. Sehingga setiap perbuatan pelanggaran hak cipta tanpa izin hukumnya haram.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2024 21:36
Last Modified: 19 Mar 2024 21:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20018

Actions (login required)

View Item View Item