PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI SMP AL MUSYAFFA' KENDAL TAHUN 2023

Mubarok, Alif (2024) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI SMP AL MUSYAFFA' KENDAL TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23010190230_Alif Mubarok.pdf

Download (9MB)
[img] Text
23010190230_Alif Mubarok.pdf

Download (9MB)
[img] Text
23010190230_Alif Mubarok.pdf

Download (9MB)
[img] Text
23010190230_Alif Mubarok.pdf

Download (9MB)

Abstract

Mubarok, Alif. 2023. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Berbasis Pondok Pesantren di SMP Al-Musyaffa’ Kendal Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: ProgamStudi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Negeri Salatiga. Pembimbing: Muh. Hafidz, M.Pd.I Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam dan Sekolah Berbasis Pesantren Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam pada sekolah berbasis pesantren dan faktor-faktor yang mendukung maupun yang menghambat pelaksanaan pendidikan agama Islam pada sekolah berbasis pesantren yang diterapkan di SMP Al-Musyaffa pada tahun 2023. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan siswa serta pengasuh, ustadz, pengurus dan santri; dan sumber sekunder yang berupa foto, berkas, dan jurnal kegiatan terkait pendidikan agama Islam bagi sekolah/pesantren. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan tujuan agar mendapatkan data yang benar-benar valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pendidikan agama Islam pada sekolah berbasis pesantren di SMP Al-Musyaffa’ meliputi: a) kurikulum PAI yang digunakan berupa integrasi antara kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. b) kegiatan intrakulikuler PAI yaitu (1) tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, penghayatan, dan pengamalan peserta didik sehingga menjadi pribadi yang religius dan berakhlak mulia. (2) metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab. (3) sumber pembelajaran menggunakan buku dari dinas, kitab-kitab kuning dan buku dari lembaga. (4) media pembelajarannya menggunakan papan tulis, spidol, LCD proyektor, laptop, dan alat peraga. (5) evaluasi pembelajarannya menggunakan evaluasi diagnostik, formatif, sumatif, remidial, pengayaan dan tugas harian. c) Kegiatan ekstrakulikuler PAI meliputi: tilawah, tahfidz, tartil, kaligrafi, hadroh dan fikih ubudiyah. d) Kegiatan pembiasaan meliputi: pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), membaca surah Waqiah dan asmaul husna, sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuha berjamaah dan PHBI (peringatan hari besar Islam). e) Penguatan pendidikan agama Islam melalui pesantren meliputi: (1) pendidikan madrasah diniyah berupa pembelajaran akhlak, tauhid, tata bahasa arab, hadits, fikih, tajwid dan al-Qur’an. (2) Kegiatan pembiasaan serta ekstrakulikuler berupa: sholat jamaah, rotiban, mujahadah, qur’anan, tahlilan, khitobah, sorogan dan bandongan, hadroh, dan musyawarah/bathsul masail. 2) Faktor pendukung pelaksanaan PAI di SMP Al-Musyaffa’ meliputi: sarana dan prasarana yang memadahi, pendidik yang berkompeten, kultur kepesantrenan dan peran keluarga pengasuh, orang tua dan masyarakat. Dan faktor penghambat yang dialami yaitu kurangnya refrensi dan media pembelajaran serta kondisi peserta didik yang labil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:01
Last Modified: 20 Mar 2024 03:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20023

Actions (login required)

View Item View Item