PERAN GURU DALAM PEMBINAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN KEMANDIRIAN PADA KEGIATAN IBADAH SALAT SISWA DI SMP ISLAM TERPADU CAHAYA UMMAT BERGAS KABUPATEN SEMARANG

AFFRIYANA, ALVINA DWI (2024) PERAN GURU DALAM PEMBINAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN KEMANDIRIAN PADA KEGIATAN IBADAH SALAT SISWA DI SMP ISLAM TERPADU CAHAYA UMMAT BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ALVINA 23010190166 PAI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ALVINA 23010190166 PAI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ALVINA 23010190166 PAI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ALVINA 23010190166 PAI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ALVINA 23010190166 PAI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ALVINA 23010190166 PAI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ALVINA 23010190166 PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Affriyana, Alvina Dwi. 2023. Peran guru dalam pembinaan karakter tanggung jawab dan kemandirian pada kegiatan ibadah salat siswa di SMP Islam Terpadu Cahaya Ummat Bergas Kabupaten Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslikhah, S.Ag; M.Si Kata Kunci: Peran guru, pembinaan karakter tanggung jawab, kemandirian Penelitian ini meningkatkan peran guru dalam pembinaan karakter tanggung jawab dan kemandirian pada kegiatan ibadah salat. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab siswa pada kegiatan ibadah salat di SMP Islam Terpadu Cahaya Ummat Bergas Kabupaten Semarang. 2) Untuk mengetahui kemandirian siswa pada kegiatan ibadah salat di SMP Islam Terpadu Cahaya Ummat Bergas Kabupaten Semarang. 3) Untuk mengetahui peran guru dalam membina kegiatan ibadah salat di SMP Islam Terpadu Cahaya Ummat Bergas Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini: 1) Tanggung jawab siswa pada kegiatan ibadah salat di SMP Islam Terpadu Cahaya Ummat Bergas Kabupaten Semarang dalam penerapannya siswa sopan santun dalam melakukan kegiatan ibadah salat dengan tidak bergurau ketika salat, siswa dapat melakukan kejujuran salat apabila siswa tidak salat maka siswa mengganti salat dan membaca istighfar sebanyak 100 kali, siswa mematuhi aturan yang telah di tetapkan dengan melaksanakan jama’ah salat, siswa mengetahui dengan pasti sebab akibat, siswa mampu menyelesaikan tanggung jawab yang telah diberikan dengan baik yaitu melaksanakan salat tepat waktu. 2) Kemandirian siswa pada kegiatan ibadah salat di SMP Islam Terpadu Cahaya Ummat Bergas Kabupaten Semarang bahwa dalam penerapannya siswa mampu memiliki sikap mandiri dalam melakukan ibadah salat dengan melaksanakan salat tanpa harus disuruh, siswa mampu mengambil keputusan yang tepat untuk menanamkan kemandirian di dalam dirinya, siswa mampu menceriminkan perilaku moralitas yang tepat dalam karakter kemandirian dengan mentaati jadwal ibadah di sekolah, siswa mampu memahami kondisi sosial lingkungan sekitar. 3) Peran guru dalam membina ibadah salat di SMP Islam Terpadu Cahaya Ummat Bergas Kabupaten Semarang, guru mampu mengendalikan kondisi di kelas, guru mampu memberikan informasi kepada siswa mengenai bagaimana pentingnya karakter tanggung jawab dan kemandirian pada kegiatan ibadah salat siswa, guru mampu melatih siswa bagaimana pentingnya pembinaan karakter tanggung jawab dan kemandirian pada kegiatan ibadah salat siswa, dan guru dapat memberikan motivasi pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 17:11
Last Modified: 20 Mar 2024 17:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20037

Actions (login required)

View Item View Item