PERAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SALATIGA PADA PEMBIMBING MANASIK HAJI DALAM MENYELESAIKAN PROBLEMATIKA JAMAAH DI KOTA SALATIGA TAHUN 2023

Rozaq, M Saifur (2024) PERAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SALATIGA PADA PEMBIMBING MANASIK HAJI DALAM MENYELESAIKAN PROBLEMATIKA JAMAAH DI KOTA SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI CETAK JACK (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK JACK (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK JACK (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peran Kemeterian Agama Kota Salatiga terhadap pembimbing manasik haji dalam mneyelesaikan problematika jamaah Kota Salatiga tahun 2023. 2) problematika yang dihadapi oleh jamaah Kota Salatiga Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif Sumber data untuk penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara dengan beberapa subjek penelitian dan sumber sekunder berupa foto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara untuk keabsahan data, penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ada beberapa kebijakan dan aspek yang perlu diperhatikan oleh Kemenag Kota Salatiga agar tercapinya tujuan yang diimpikan oleh semua pihak pertama Problematika yang dihadapi para jama’ah haji yaitu meliputi tentang kurangnya SDM dari petugas pendamping manasik haji karena hal itu menjadikan para jama’ah merasa resah, sebab mayoritas para jama’ah haji sudah berusia senja. Kedua Peran adanya pendamping manasik haji menjadi nilai plus dan banyak memberikan manfaat bagi jama’ah haji. Hadirnya petugas pendamping manasik haji akan membantu jama’ah haji yang mengalami kesulitan serta yang meminta bantuan atau arahan. Fungsi dan tugas dari petugas pendamping manasik haji disini memang sangat krusial dalam mengoptimalkan problem yang dihadapi para jama’ah haji. Ketiga Solusi untuk menghadapi permasalahan yang dialami para jama’ah haji yaitu dengan pengutan bimbingan pada saat masih di tanah air, berupa pelatihan manasik sehingga dapat menjadi gambar bagi jama’ah haji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 17:59
Last Modified: 20 Mar 2024 17:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item View Item