STRATEGI PLACE BRANDING SUMOGAWE SEBAGAI DESA WISATA “KAMPUNG SUSU” TAHUN 2023

Hasanah, Nisa Uswatun (2024) STRATEGI PLACE BRANDING SUMOGAWE SEBAGAI DESA WISATA “KAMPUNG SUSU” TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
inbound3289856520598873675.pdf

Download (4MB)
[img] Text
inbound3289856520598873675.pdf

Download (4MB)
[img] Text
inbound3289856520598873675.pdf

Download (4MB)
[img] Text
inbound3289856520598873675.pdf

Download (4MB)
[img] Text
inbound3289856520598873675.pdf

Download (4MB)
[img] Text
inbound3289856520598873675.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasanah, Nisa, Uswatun. 2024. Strategi Place Branding Desa Wisata “Kampung Susu” Sumogawe Tahun 2023. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Kastolani, M.Ag., Ph.D. Kata Kunci: Place Branding, Desa Wisata, Desa Sumogawe Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi “Kampung Susu” Sumogawe yang bisa menjadi daya tarik utama bagi wisatawan di tahun 2023 dan mengetahui strategi place branding yang dapat digunakan untuk mempromosikan Sumogawe sebagai destinasi wisata unggulan dengan mengangkat potensi “Kampung Susu” pada tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field researh) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni wawancara dengan Kepala Desa Sumogawe dan Ketua Pokdarwis Desa Sumogawe, dan data sekundcer diperoleh dari publikasi desa wisata atau sosial medianya, situs web, buku, dan artikel. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa potensi “Kampung Susu” Sumogawe yang bisa menjadi daya tarik utama bagi wisatawan di tahun 2023 adalah edukasi pengolahan susu, wisata berkebun, wisata petik buah, kesenian, dan UMKM. Strategi place branding yang dapat digunakan untuk mempromosikan Sumogawe sebagai destinasi wisata unggulan dengan mengangkat potensi “Kampung Susu” pada tahun 2023 menggunakan teori Anholt seperti presence melibatkan pengenalan Desa Wisata Kampung Susu Sumogawe melalui media sosial dan partisipasi dalam berbagai event, place menyoroti keindahan fisik Desa Sumogawe, potential melibatkan aktivitas ekonomi yang ditawarkan oleh Desa Wisata, pulse minat masyarakat terhadap Desa Wisata Sumogawe, people menyoroti upaya pemerintah Desa Sumogawe dan Pokdarwis untuk mensosialisasikan sikap ramah dan kebersihan ligkungan masyarakat terhadap wisatawan, dan prerequisites menekankan fasilitas yang disediakan, termasuk paket wisata dengan harga variatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 18:13
Last Modified: 20 Mar 2024 18:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20045

Actions (login required)

View Item View Item