POLA MANAJEMEN LP3H DALAM PROGAM PERCEPATAN SERTIFIKASI HALAL UMKM SELF DECLARE (Studi Kasus LP3H Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin 2 Payaman)

Albab, Ahmad Ulil (2024) POLA MANAJEMEN LP3H DALAM PROGAM PERCEPATAN SERTIFIKASI HALAL UMKM SELF DECLARE (Studi Kasus LP3H Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin 2 Payaman). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
01. tesis Ahmad Ulil Albab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
01. tesis Ahmad Ulil Albab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
01. tesis Ahmad Ulil Albab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
01. tesis Ahmad Ulil Albab.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Ulil Albab. 2024. Pola Manajemen LP3H dalam Progam Percepatan Sertifikasi Halal Umkm Self Declare (Study Kasus LP3H Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin 2 Payaman). Tesis Progam Pascasarjana Ekonomi Syariah UIN Salatiga. Pembimbing Prof. Dr. Agus Waluyo, M.Ag. Penelitian ini dilakukan di LP3H Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin 2 Payaman Payaman Magelang yang bertujuan untuk mengetahui tata pengelolaan Lembaga serta potensi strategi pengembangan yang mungkin dapat diterapkan pada lembaga yang bersangkutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana Sumber data diambil dari narasumber yang memiliki tanggung jawab berkaitan progam sertifikat halal gratis self declare. Adapun pencarian data dilakukan dengan wawacara dan literasi buku. Serta perumusan strategi menggunakan Analisis SWOT Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pengelolaannya LP3H Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin 2 Payaman menggunkan manajemen struktural. Dengan tata kelola tersebut secara keseluruhan aktif melakukan pendampingan UMKM untuk mendapat sertifikat halal dengan 420 Pendamping aktif di area Kab. Magelang, Kota Magelang serta Kab. Temanggung. Berdasasarkan analisis SWOT didapatkan beberapa strategi yaitu mengadakan evaluasi serta penambahan Pendamping PPH untuk setiap periode tertentu dengan menyisir calon pendamping PPH yang ada di Kab Magelang serta melebarkan ke Luar Kab. Magelang. Penambahan sumber daya untuk pengelolaan lembaga yang dapat dilakukan dari unsur luar pesantren agar mendapatkan sumber daya secara maksimal terutama untuk sosialisasi kepada UMKM. Dalam rangka target pemerintah Indonesia menjadi kiblat Halal dunia telah menyumbang 10.496 ajuan Sertifikat halal UMKM. Serta jumlah pendampingan di tahun 2023 setiap bulannya terbilang meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 18:16
Last Modified: 20 Mar 2024 18:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20046

Actions (login required)

View Item View Item