PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA JAJANAN TRADISIONAL MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 SURUH

rofiq, Ikhwan (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA JAJANAN TRADISIONAL MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 SURUH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ikhwan_Rofiq_23070190076._[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ikhwan_Rofiq_23070190076._[1].pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Etnomatematika Jajanan Tradisional pada materi bangun ruang sisi legkung yang valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IX SMP Negeri 3 Suruh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementtion, Evaluation). Instrumen hasil pengembangan berupa LKPD diuji validitasnya melalui validator ahli materi dan ahli tampilan. Pengumpulan data menggunakan soal tes uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest. Analisis uji statistik menggunakan Uji Paired Sample T Test terhadap data yang sebelumnya sudah di uji pra-syarat menggunakan Uji Saphiro-Wilk dan Uji Levine Statistic. Uji kepraktisan LKPD diuji melalui respon guru dan peserta didik. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis uji validasi produk LKPD oleh dua dosen ahli yaitu ahli materi dan ahli tampilan mendapatkan nilai dengan rata-rata persentase sebesar 88,5 % dengan kriteria sangat valid. Kemudian pada hasil analisis perhitungan nilai pretest dan postest menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata nilai 45,7 menjadi 82,24. Analisis perhitungan uji efektivitas diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara data hasil pretest dengan posttest, dengan hasil perhitungan sebesar 36,54. Hasil uji kepraktisan LKPD dengan rata-rata persentase sebesar 91,74% dengan kriteria sangat praktis. Sehingga produk LKPD berbasis Etnomatematika Jajanan Tradisional yang dikembangkan memiliki kategori valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konep siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 19:26
Last Modified: 20 Mar 2024 19:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20050

Actions (login required)

View Item View Item