PEMBINAAN PENGAMALAN BERIBADAH DAN SIKAP DISIPLIN MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA SMP NEGERI 2 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2023/2024

, IMAM HAKIKI (2024) PEMBINAAN PENGAMALAN BERIBADAH DAN SIKAP DISIPLIN MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA SMP NEGERI 2 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Imam Hakiki 23010190323 mendeley.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hakiki, Imam. 2023. Pembinaan Pengamalan Beribadah dan Sikap Disiplin Menaati Tata Tertib Sekolah Pada Siswa SMPN 2 Ambarawa Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci : Pembinaan, pengamalan beribadah, sikap disiplin Pembinaan pengamalan beribadah dan sikap disiplin menaati tata tertib sekolah pada siswa SMP N 2 Ambarawa dilatar belakangi oleh siswa masih menunjukkan ketidakseriusan dalam pelaksanaan beribadah yang dilaksanakan sekolah dan masih siswa yang datang terlambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pembinaan pengamalan beribadah pada siswa SMPN 2 Ambarawa; 2) Pembinaan sikap disiplin menaati tata tertib pada siswa SMPN 2 Ambarawa; 3) Faktor pendukung pembinaan pengamalan beribadah dan sikap disiplin menaati tata tertib pada siswa SMPN 2 Ambarawa; 4) Faktor penghambat pembinaan pengamalan beribadah dan sikap disiplin menaati tata tertib pada siswa SMPN 2 Ambarawa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer yakni wawancara bersama kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru pendidikan agama islam, 10 siswa; sumber sekunder berupa dokumen foto kegiatan. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data mengunakan reduksi data, penyanjian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan pada siswa di SMP Negeri 2 Ambarawa menggunakan 2 program yaitu (1) program rutin yang meliputi salat dhuhur berjama‟ah, salat jum‟at, salat dhuha, Jum‟at takwa, kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), baca tulis Al-Quran, dan berinfaq. (2) pembelajaran di kelas meliputi keteladanan guru dan kepala sekolah. Pembinaan sikap disiplin pada siswa SMP N 2 Ambarawa menggunakan program sekolah yaitu kegiatan pramuka, kegiatan OSIS, dan pembiasaan melalui upacara. Faktor pendukung pengamalan beribadah meliputi kesadaran beragama, kegiatan yang dilakukan bersama, kegiatan keagamaan, prasarana sekolah. Faktor penghambat pembinaan pengamalan beribadah meliputi sarana prasarana kurang memadai, pengaruh handphone dan sosial media dan pengaruh pergaulan di lingkungan. Faktor pendukung pembinaan sikap disiplin menaati tata tertib meliputi prasarana sekolah, tata tertib yang jelas, kebijakan sekolah. Faktor penghambat pembinaan sikap disiplin menaati tata tertib diantaranya ialah pengaruh handphone dan sosial media, kurang perhatian dari orang tua, dan lingkungan tempat tinggal yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 20:11
Last Modified: 20 Mar 2024 20:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20060

Actions (login required)

View Item View Item