PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Salatiga Pengguna E-Commerce Shopee)

Umam, Uli Ro'uful (2024) PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Salatiga Pengguna E-Commerce Shopee). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
File Skripsi_Uli Ro'uful Umam_63040190080 (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
File Skripsi_Uli Ro'uful Umam_63040190080 (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Umam, Uli Ro’uful. 2023. “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi kasus pada mahasiswa UIN Salatiga pengguna E-Commerce Shopee)”. Skripsi, Fakultas ekonoi Dan Bisnis Islam, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Saifudin, M.E. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hedonic shopping motivation, shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan peneitian kuantitatif yang menggunakan data primer dengan metode analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan 385 sampel yang dihitung menggunakan rumus lemeshow, dengan menggunakan teknik random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Hasil analisis menunjukan Hedonic Shopping Motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying yang artinya semakin tinggi motivasi belanja semakain tinggi perilaku pembelian impulsif. Shopping Lifestyle berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Impulse Buying yang artinya walaupun dengan gaya hidup belanja yang tinggi tidak selalu membuat perilaku pembelian impulsif juga tinggi. Fashion Involvement berpengaruh positif dan signifikan terhadap fashion involvement yang artinya dengan keterlibatan fashion yang tinggi mendorong perilaku impulsif yang tinggi. Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying yang artinya dengan tingkat religiusitas yang tinggi memberikan dampak positif terhadap perilaku impulsif. Religiusitas mampu memoderasi hubungan antara Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying. Religiusitas tidak mampu memoderasi hubungan antara Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying. Religiusitas memperlemah hubungan antara Fashion Involvement terhadap Impulse Buying. Kata Kunci : Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Impulse Buying, Religiusitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 20:20
Last Modified: 20 Mar 2024 20:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20061

Actions (login required)

View Item View Item