ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN 2023

Arviana, Niken Nurul (2024) ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Niken Nurul Arviana 23070190002.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Niken Nurul Arviana 23070190002.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Pengumpulan data menggunakan instrument tes GEFT, tes soal materi bangun ruang sisi datar, dan wawancara semi terstruktur. Analisis data pada penelitian ini meliputi, pengumpulan data, reduksi data yang disajikan dalam bentuk teks dan penarikan kesimpulan. Kemampuan computational thinking siswa dilihat melalui indikator, antara lain dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, berpikir algoritma dan literasi matematika. Hasil penelitian menginformasikan bahwa kemampuan computational thinking siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar yaitu mampu memenuhi semua indikator computational thinking serta menyelesaikan masalah dengan melibatkan keterampilan dekomposisi, mampu melibatkan keterampilan pengenalan pola, mampu melibatkan keterampilan abstraksi, mampu melibatkan keterampilan berpikir algoritma, dan mampu melibatkan keterampilan literasi matematika. Kemampuan computational thinking siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar mampu memenuhi indikator dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma, dan literasi matematika akan tetapi masih kurang sempurna pada indikator abstraksi serta hasil skor tes dari siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent ini lebih rendah daripada skor tes dari siswa yang memiliki gaya kognitif field independent.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 20:27
Last Modified: 20 Mar 2024 20:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20063

Actions (login required)

View Item View Item