KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Hayati, Wahyu Nur (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI WAHYU NUR HAYATI 23070190028.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan computational thinking pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan rata-rata kemampuan computational thinking siswa antara penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra dengan penggunaan model pembelajaran discovery based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Kemudian diambil sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan kelas VIII A sebanyak 37 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Uji independent sample t-test dan uji n-gain digunakan untuk teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra cukup efektif terhadap kemampuan computational thinking pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji n-gain didapatkan nilai rata-rata n-gain score kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 73,4% dan 37,6%. Dan dari hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig. (2 tailed) pada equal variances assumed adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 84,94 > 57,62 dengan jumlah siswa eksperimen 36 siswa dan kelas kontrol 37 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 23:02
Last Modified: 20 Mar 2024 23:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20065

Actions (login required)

View Item View Item