PENGARUH SIKAP KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM BIDANG MAKANAN HALAL DI KOTA SALATIGA DENGAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Khoeriyah, Rinda Febriana (2024) PENGARUH SIKAP KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM BIDANG MAKANAN HALAL DI KOTA SALATIGA DENGAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rinda Febriana K (176) SKRIPSI DONE_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rinda Febriana K (176) SKRIPSI DONE_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rinda Febriana K (176) SKRIPSI DONE_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap keuangan, literasi keuangan, tingkat pendidika terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM bidang makanan halal di Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu 83 UMKM bidang makanan halal yang ada di Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan variabel yaitu, sikap keuangan (X1), literasi keuanagan (X2), tingkat Pendidikan (X3), perilaku pengelolaan keuangan (Y), dan locus of control internal (Z). Penelitian ini di analisis dengan menggunakan analisis linear berganda dengan bantuan IBM SPSS statistics 26. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. X3 tidak berpengaruh tetapi signifikan. Z tidak mampu memoderasi pengaruh X1 terhadap Y. Z tidak mampu memoderasi pengaruh X2 terhadap Y. Z tidak mampu memoderasi pengaruh X3 terhadap Y.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 23:44
Last Modified: 20 Mar 2024 23:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20066

Actions (login required)

View Item View Item