EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGRI 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Marthasari, Bella (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGRI 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BELLA MARTHASARI 23070190044.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BELLA MARTHASARI 23070190044.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BELLA MARTHASARI 23070190044.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BELLA MARTHASARI 23070190044.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA N 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy experimental design) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling, pada penelitian ini yaitu 36 siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, kuesioner, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, jurnal mengajar, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney-U. Hasil uji prasyarat menunjukkan data yang diperoleh salah satu data tidak berdistribusi normal dan semua homogen. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji Mann Whitney-U diperoleh hasil 0,00 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan rata-rata skor peningkatan posttest kemampuan pemahaman konsep pada kedua kelas. Pada kelas eksperimen, uji N-gain tergolong tinggi sedangkan pada kelas kontrol uji N-gain rendah. Berdasarkan hasil diatas diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:13
Last Modified: 21 Mar 2024 03:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20068

Actions (login required)

View Item View Item