PENINGKATAN SIKAP PATUH MELALUI PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) PADA ANAK AUTIS DI YAYASAN MUTIARA RUMAH PINTAR SALATIGA

Putri, Muthi Hajar Raflet (2024) PENINGKATAN SIKAP PATUH MELALUI PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) PADA ANAK AUTIS DI YAYASAN MUTIARA RUMAH PINTAR SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUTHI HAJAR 43040190019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUTHI HAJAR 43040190019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUTHI HAJAR 43040190019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri, Muthi Hajar Raflet. (2024). Peningkatan Sikap Patuh Melalui Pendampingan Belajar Dengan Metode Applied Behaviour Analysis (ABA) pada Anak Autis di Yayasan Mutiara Rumah Pintar Salatiga. Tahun 2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M. P.d. I. Kata kunci: pendampingan belajar, sikap patuh, anak autis. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan proses pendampingan belajar dengan metode Applied Behaviour Analysis (ABA) untuk meningkatkan sikap patuh pada anak autis Di SD Rumah Pintar Salatiga. 2) Untuk mendeskripsikan hasil dari pendampingan belajar dengan metode Applied Behaviour Analysis (ABA) untuk meningkatkan sikap patuh pada anak autis Di SD Rumah Pintar Salatiga. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu anak yang mengalami gangguan autis. Sumber data primer ialah anak autis, guru, dan orang tua. Sumber data sekunder diperoleh dari catatan belajar anak, foto, dan dokumen-dokumen terdahulu subjek. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Penerapan metode ABA di sekolah belum begitu maksimal, seperti halnya kurang memberi stimulus apresiasi sehingga anak tidak termotivasi melakukan yang benar, dan terkadang guru tidak sempat menerapkan metode ABA karena banyak hal yang harus ditangani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap patuh anak autis di SD Rumah Pintar Salatiga belum berkembang optimal. Ditandai dengan masih kurangnya antusias dalam mengerjakan apa yang diperintah guru. Lalu dengan diterapkan metode ABA di Rumah Pintar Salatiga anak menjadi termotifasi untuk melakukan perintah dengan sungguh-sungguh karena mendapat reward berupa afirmasi postitif seperti ungkapan “pintar, hebat, baik, dan bagus”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2024 15:54
Last Modified: 21 Mar 2024 15:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20072

Actions (login required)

View Item View Item