PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP ALOKASI PEMBIAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2018-2022

gurki, Hasan ramadhan (2024) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP ALOKASI PEMBIAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2018-2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HASAN RAMADHAN GURKI_SKRIPSI FULL UPLOAD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASAN RAMADHAN GURKI_SKRIPSI FULL UPLOAD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASAN RAMADHAN GURKI_SKRIPSI FULL UPLOAD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASAN RAMADHAN GURKI_SKRIPSI FULL UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Financing berpengaruh pada pembiayaan yang diberikan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) oleh Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan mengambil Jumlah bank-bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi populasi dalam penelitian ini. Untuk mendapatkan sampel penelitian, peneliti menerapkan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasilnya, terpilih 50 sampel dari 10 Bank Umum Syariah yang diamati selama periode tahun 2018 hingga 2022.. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji Panel Least Square (PLS), dan perangkat lunak Eviews 9 digunakan untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara terpisah, Dana Pihak Ketiga memiliki dampak signifikan terhadap pembiayaan UMKM, sementara NPF tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembiayaan UMKM.hasil dalam penelitian ini menunjukan Variabel Dana Pihak Ketiga (DPK) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap alokasi pembiayaan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bank umum syariah selama periode 2018-2022 dan Variabel NonPerforming Financing (NPF) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap alokasi pembiayaan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bank umum syariah selama periode 2018-2022.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2024 19:26
Last Modified: 21 Mar 2024 19:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item View Item