PENERAPAN HADIS ADAB BERTETANGGA PADA MASYARAKAT MINORITAS MUSLIM ( STUDI LIVING HADIS DI DESA BURIWUTUNG KEC. BUYASURI KAB. LEMBATA NUSA TENGGARA TIMUR)

NURWAHID, HIDAYAT (2024) PENERAPAN HADIS ADAB BERTETANGGA PADA MASYARAKAT MINORITAS MUSLIM ( STUDI LIVING HADIS DI DESA BURIWUTUNG KEC. BUYASURI KAB. LEMBATA NUSA TENGGARA TIMUR). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Hidayat Nurwahid.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada penerapan hadis adab bertetangga di masyarakat Desa Buriwutung. Kehidupan masyarakat muslim di Desa Buriwutung merupakan masyarakat yang minoritas, namun kehidupan mereka baik-baik saja, saling berdampingan dan tidak mempersoalkan latar belakang agama masing-masing. Maka dari itu penulis merumuskan sebagai berikut : 1). Bagaimana transmisi pemahaman hadis adab bertetangga pada masyarakat Desa Buriwutung? 2). Bagaimana pemahaman masyarakat Desa Buriwutung tentang adab bertetangga ? 3). Bagaimana Penerapan masyarakat Desa Buriwutung terhadap hadis adab bertetangga. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang berbentuk studi lapangan (Field research) dan studi pustaka (Library research). Studi lapangan (Field research), dengan menggunakan pendekatan living Hadis. Sumber data primer didapat dari tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat umumnya Desa Buriwutung, selain itu sumber data sekunder diambil dari buku, skripsi, jurnal, atau sumber-sumber lain yang relevan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Transmisi pemahaman hadis pada masyarakat Desa Buriwutung sama halnya dengan masyarakat Islam di Indonesia pada umumnya, yaitu melalui pengajian, mauidzotul hasanah dan kegiatan keagamaan lainnya. Sedangkan dalam beradab kepada tetangga masyarakat Desa Buriwutung sangat menjunjung tinggi nilai kekeluargaan, sehinggah hubungan mereka dengan tetangga sangat baik. Hal ini bukan saja berlaku pada masyarakat yang beragama Islam, akan tetapi dengan saudara yang non muslim juga. Dan dalam penerapannya terhadap hadis adab bertetangga, masyarakat Desa Buriwutung sudah menerapkan hak dan kewajiban sebagai tetangga menurut hadis adab betetangga. Kata Kunci : Hadis Adab, Adab Bertetangga, Living Hadis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Hadits
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2024 20:32
Last Modified: 21 Mar 2024 20:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20088

Actions (login required)

View Item View Item