ADAB INTERAKSI DENGAN LAWAN JENIS DALAM Q.S. AN-NUR AYAT 30-31 (Studi Komparatif Penafsiran Imam Al-Qurthubi dan Buya Hamka)

faizin, Khoirul (2024) ADAB INTERAKSI DENGAN LAWAN JENIS DALAM Q.S. AN-NUR AYAT 30-31 (Studi Komparatif Penafsiran Imam Al-Qurthubi dan Buya Hamka). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
buku faizin-3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
buku faizin-3.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena zaman sekarang, yaitu meningkatnya kebebasan hubungan antara lawan jenis sebagai dampak dari proses globalisasi dan modernisasi. Kebebasan hubungan seksual diluar nikah tidak hanya terjadi pada perempuan yang tidak menutup aurat saja namun terjadi pada perempuan Islam yang berhijab dan menutupi auratnya. Dari permasalahan diatas, peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana persamaan dan perbedaan penafsiran Imam AlQurthubi dan Buya Hamka pada QS An-Nur ayat 30-31serta bagaimana analisis penafsiran dan penerapan penafsirannya pada masa sekarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan kepustakaan (library research). Sumber primer penelitian ini adalah kitab tafsir Al-Qurthubi Li Ahkam Al-Qur’an dan kitab tafsir Al Azhar. Sedangkan sumber sekunder penelitian ini adalah jurnal, skripsi, artikel, buku, dan literatur yang berkaitan dengan tema kajian penelitian ini. Pendekatan tafsir yang peneliti gunakan adalah tafsir tematik-komparatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu Pertama, untuk persamaan penafsiran antara Imam Al-Qurthudi dan Buya Hamka adalah mereka berdua menjabarkan QS An-Nur ayat 30-31 dengan mendalam sedangkan untuk perbedaan mereka yaitu Imam Al-Qurthubi lebih umum pembahasan serta penjabarannya sedangkan Buya Hamka lebih focus pada kemasyarakatan dan penerapan tafsirnya dalam kehidupan. Kedua, untuk analisis penafsiran mereka adalah bahwa laki-laki maupun perempuan harus saat berinteraksi harus menjaga pandangan dan memelihara kemaluannya, Kemudian di QS. An-Nur ayat 31 perempuan harus menutup kepalanya dengan kerudung dan menjulurkannya sampai ke dada dan perempuan hanya boleh menampakkan perhiasan yang nyata saja. Ketiga, laki-laki dan perempuan saat berinteraksi harus menjaga pandangan tidak menatap secara instens, tidak bertabarruj agar menjadi pusat perhatian ditempat umum, tidak bercampur baur dan berduaan ditempat yang sepi, menggunakan pakaian sopan yang menurut aurat, dan menjulurkan kerudungnya sampai menutupi dada. Kata Kunci: Adab Interaksi, Lawan jenis, dan An-Nur 30-31

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2024 21:09
Last Modified: 21 Mar 2024 21:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20092

Actions (login required)

View Item View Item