Layla, Nur (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MEDIA E-COMIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 5 UNGARAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI NUR LAYLA 23070190069.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran guided discovery learning media e-comic terhadap kemampuan berpikir kritis matematis materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 5 Ungaran tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan pretest-posttest control group design, termasuk dalam bentuk penelitian true eksperimental design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 5 Ungaran. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol dari hasil pengambilan sampel teknik cluster random sampling. Tes dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini memperoleh temuan, yaitu: (1) Terdapat perbedaan rata-rata dari hasil uji independent sample t test nilai posttest yang menunjukkan 76,20 kelas eksperimen dan kelas kontrol 68,17; (2) Terdapat peningkatan perbedaan rata-rata dari hasil uji independent sample t test nilai N-gain yang menunjukkan kelas eksperimen 0,58 dan kelas kontrol 0,44; (3) Rata-rata nilai peserta didik menggunakan model pembelajaran guided discovery learning media e-comic mencapai KKTP, yaitu 76,20 dari hasil uji one sample t test. Maka, kesimpulanya adalah penerapan model pembelajaran guided discovery learning media e-comic efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 5 Ungaran tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:53 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20095 |
Actions (login required)
View Item |