EVEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP N 3 GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Aminah, Sri (2024) EVEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP N 3 GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SRI AMINAH 23070190029.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SRI AMINAH 23070190029.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SRI AMINAH 23070190029.pdf

Download (6MB)

Abstract

Aminah, Sri. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP N 3 Getasan Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Think Pair Share, LKPD, Kemampuan Penalaran Matematis Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Pair Share berbantuan LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP N 3 Getasan pada materi bilangan bulat Tahun Ajaran 2023/2024. Metode dalam penelitian menggunakan kuasi eksperimen, dengan Pretest-Posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Getasan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan LKPD dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Data dalam penelitian ini berupa data kemampuan penalaran matematis yang ditunjukkan oleh skor tes penalaran matematis. Hasil dari tes kemampuan penalaran matematis dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Pengujian hipotesis pada skor Posttest diperoleh koefisien Sig. (2-tailed) = 0,0079 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata skor Posttest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan data empiris hasil penelitian diperoleh rata-rata skor Posttest kelas eksperimen sebesar 71,94 dan rata-rata skor Posttest kelas kontrol sebesar 66,67, sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata skor Posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbantuan LKPD efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP N 3 Getasan tahun ajaran 2023/2024 pada materi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 12:34
Last Modified: 22 Mar 2024 12:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20099

Actions (login required)

View Item View Item