NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KITAB NASHAIHUL ‟IBAD KARYA IMAM NAWAWI AL-BANTANI

Umam, Muhammad Choirul (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KITAB NASHAIHUL ‟IBAD KARYA IMAM NAWAWI AL-BANTANI. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
M. CHOIRUL UMAM_111 09 112.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa Imam Nawawi al-Bantani merupakan seorang ulama salaf pemikir yang menghasilkan karya-karya besar yang cukup fundamental.Beliau merasa bahwa sangat pentingnya sebuah pribadi yang memiliki keimanan yang kuat, kesempurnaan akidah dan akhlak serta pendidikan yang unggul dan memadai harus dimiliki oleh setiap hamba dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji apa saja nilai pendidikan dalam kitab nashaihul ibad karya imam nawawi al bantani. Pertanyaan yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistematika penulisan dalam kitab nashaihul ibad?, 2) Bagaimana nilai pendidikan menurut Imam Nawawi di dalam kitab nashaihul ibad?, 3) Bagaimana implikasi pendidikan menurut Imam Nawawi dalam kehidupan sehari-hari?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan jenis penelitian kepustakaan(Library Research), sedangkan sumber data primer dari penelitian ini adalah kitab nashaihul „ibad dan sumber sekundernya adalah buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deduktif dan metode induktif dan temuan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan dalam kitab Nashaihul Ibad karya Imam Nawawi ini sangat dibutuhkan bagi peserta didik dan pendidik dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Karakter pemikiran beliau dapat digolongkan dalam corak praktis yang tetap berpegang teguh dengan al Quran dan Hadits serta atsar para ulama. Beliau menyatakan bahwa ilmu itu sesuatu yang suci dan hanya akan dapat diserap oleh jiwa yang suci pula. Pendidikan tidak hanya didapat dari bangku sekolah saja, namun kita bisa mendapatkannya melalui siapa saja dan apa saja. Ilmu dapat diperoleh dengan cara berkumpul dengan orang saleh, menjaga diri dari perbuatan yang dilarang agama dan senantiasa mendekatkan diri pada Allah. Sikap kita kepada sesama manusia dan makhluk lain juga akan berpengaruh dalam pendidikan. Menghargai orang lain, menjaga lisan rendah hati serta sikap-sikap yang seharusnya kita lakukan kepada makhluk lain akan menjadikan kita sebagai hamb a yang santun dan bijak dalam mengarungi bahtera kehidupan. Kecenderungan lain dalam pemikiran beliau adalah mengetengahkan nasihat-nasihat kepada para hamba sebagai bekal dalam menjalani kehidupan dan kebahagiaan yang hakiki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 08:20
Last Modified: 15 Feb 2016 08:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item