PRAKTIK JOKI PROGRAM KARTU PRAKERJA PERSPEKTIF FENOMENOLOGI DAN IJARAH (Studi Kasus Di Dusun Grogolan Desa Grogolan Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali)

Husna, Luluk Atul (2024) PRAKTIK JOKI PROGRAM KARTU PRAKERJA PERSPEKTIF FENOMENOLOGI DAN IJARAH (Studi Kasus Di Dusun Grogolan Desa Grogolan Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Luluk A H_33020190101(2)ikk.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Luluk Atul Husna, 2023, Praktik Joki Program Kartu Prakerja Perspektif Fenomenologi dan Ijarah (Studi Kasus di Dusun Grogolan Desa Grogolan Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyollai), Skripsi. Fakultas Syari‟ah. Prodi Hukum Ekonomi Syari‟ah. Univerisitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Erkham Maskuri,Lc. M.S.I. Kata kunci : Ijarah, Fenomenologi, Joki, Program Kartu Prakerja Praktik joki program kartu prakerja di Dusun Grogolan, Desa Grogolan, Kec. Karanggede, Kab. Boyolali disisi lain bermotif untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan kegiatan tolong-menolong, namun kegiatan tersebut melanggar suatu ketentuan dan syarat kartu prakerja yang dibuat oleh manajemen pelaksana kartu prakerja. Fokus Penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana praktik joki program kartu prakerja di Dusun Grogolan, Desa Grogolan, Kec. Karanggede, Kab. Boyolali? 2) Bagaimana praktik joki program kartu prakerja perspektif fenomenologi? 3) Bagaimana praktik joki program kartu prakerja perspektif Ijarah? Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan yuridis-empiris yang bersifat deskriptif-kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh langsung dari subjek penelitian yaitu pihak joki dan penyewa jasa kerja program kartu prakerja dan sumber data sekunder yang diperoleh dari objek penelitian berupa buku, jurnal, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 113 Tahun 2022 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja, Pemerintah Desa Grogolan, dan skripsi yang menyelidiki topik serupa. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Pihak joki mengerjakan seluruh tahapan dalam program kartu prakerja dan akan mendapatkan upah atau imbalan jasa jika masyarakat yang didaftarkan lolos prakerja. 2) Berdasarkan perspektif fenomenologi terdapat dua unsur because of motive atau motif sebab yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sedangkan in order to motive atau motif tujuan berarti harapan yang diorentasikan ke masa depan dengan menilai norma kejujuran dari masyarakat sehingga praktik tersebut seharusnya tidak dilakukan, dikarenakan pihak joki dan penyewa jasa telah membohongi pihak penyelenggara program kartu prakerja. 3) Berdasarkan Perspektif Ijarah kegiatan tersebut termasuk dalam akad ijarah bi al-amal. Dalam kegiatan sewa menyewa tidak memenuhi rukun dan syarat ijarah yaitu upah (ujrah), memperoleh upah dalam praktik jasa yang mengandung kecurangan atau penipuan termasuk haram maka hal tersebut tidak diperbolehkan untuk dilakukan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 16:12
Last Modified: 22 Mar 2024 16:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20106

Actions (login required)

View Item View Item