PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG

qumairoh, zunita alfi (2024) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_ALFI_Siap_cetak[1].pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_ALFI_Siap_cetak[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Qumairoh, Zunita Alfi. 2023. Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci: Peran, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana peran dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. 2) Mengetahui bagaimana dampak program yang telah diperoleh dari peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun informasn penelitian adalah Kepala Desa Batur, Ketua dan anggota BUMDes Mutiara Arta, serta Masyarakat di Desa Batur kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data yang digunakan oleh Harahap dan Huberman meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil peneliti, yaitu: 1). Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten semarang yaitu sebagai penguatan ekonomi lokal, peningkatan pendapatan desa, peningkatan pendapatan masyarakat. Selain itu untuk mempermudah akses kebutuhan masyarakat, berperan terhadap PADes di Desa Batur. 2). Dampak dari Program BUMDes ini memberikan dampak positif kepada masyarakat yakni memperoleh penghasilan keuangan dalam kehidupan keluarganya. Masyarakat desa dapat menjadi penggerak dalam pelaksanaan pembangungan daerah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 16:31
Last Modified: 22 Mar 2024 16:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20109

Actions (login required)

View Item View Item