UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MENGHINDARI TINDAK KEKERASAN METODE MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS XI MM SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

umami, Desy fitrotul (2024) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MENGHINDARI TINDAK KEKERASAN METODE MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS XI MM SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Desy Fotrotul Umami 23010190095 (2).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Desy Fotrotul Umami 23010190095 (2).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Desy Fotrotul Umami 23010190095 (2).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Desy Fotrotul Umami 23010190095 (2).pdf

Download (5MB)

Abstract

Umami, Desy Fitrotul.2023. Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Menghindari Tindak Kekerasan Metode Mind Mapiing dan Make A Match Pada Siswa Kelas XI MM SMK Saraswati Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar; Metode Mind Mapping dan Make A Match Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar dalam materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, terutama dalam konteks menghindari tindakan kekerasan, dengan menerapkan metode Mind Mapping dan Make a Match kepada siswa kelas XI MM di SMK Saraswati Salatiga selama tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa kelas XI MM di SMK Saraswati Salatiga, dengan 17 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan mencakup pedoman observasi, angket, soal tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan indikator klasikal untuk minat belajar 76% dan untuk hasil belajar 85% siswa mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dan Make a Match dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus I, minat belajar mencapai 64,53%, dan meningkat menjadi 79,47% pada siklus II. Siklus II ini dinyatakan berhenti karena minat belajar sudah lebih mencapai indikator klasikal yang sudah ditentukan yaitu 76%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 37,5% pada pra-siklus menjadi 70,83% pada siklus I, dan kemudian menjadi 87,5% pada siklus II. Siklus II pada hasil belajar juga dinyatakan selesai karena sudah melebihi indikator klasikal yang sudah ditentukan yaitu 85% Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping dan Make a Match efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam materi ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 17:15
Last Modified: 22 Mar 2024 17:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20114

Actions (login required)

View Item View Item