ANALISIS PERAN PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA DALAM MEMODERASI DAMPAK PENGELUARAN RUMAH TANGGA, INDEKS KEDALAMAN KEMISKINAN DAN RASIO GINI TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PADA MASA PANDEMI COVID-19

sholikhaturrifkah, ngindhana (2024) ANALISIS PERAN PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA DALAM MEMODERASI DAMPAK PENGELUARAN RUMAH TANGGA, INDEKS KEDALAMAN KEMISKINAN DAN RASIO GINI TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI NGINDHANA SHOLIKHATURRIFKAH_S1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan peran pemerintah daerah dalam memoderasi pengaruh pengeluaran rumah tangga, indeks kedalaman kemiskinan dan rasio gini terhadap indeks pembangunan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data pengeluaran rumah tangga, indeks kedalaman kemiskinan, rasio gini, indeks pembangunan manusia dan APBD periode 2020-2022. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 510 data dengan kurun waktu 3 tahun dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Hasil penelitian menunjukkan pengeluaran rumah tangga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, indeks kedalaman kemiskinan berpengaruh negatif signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, sedangkan rasio gini berpengaruh positif signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. APBD mampu memoderasi pengaruh pengeluaran rumah tangga dan indeks kedalaman kemiskinan terhadap indeks pembangunan manusia, sedangkan APBD tidak mampu memoderasi pengaruh rasio gini terhadap indeks pembangunan manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 17:32
Last Modified: 22 Mar 2024 17:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20116

Actions (login required)

View Item View Item