Pengaruh Kedisiplinan Shalat Fardu Terhadap Perilaku Terpuji Dan Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren An-Nur Tahun 2023

Darojat, Ahmad (2024) Pengaruh Kedisiplinan Shalat Fardu Terhadap Perilaku Terpuji Dan Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren An-Nur Tahun 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23010170097 Ahmad Darojat PENGARUH KEDISIPLINAN SHALAT FARDU .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kedisiplinan shalat fardu santri Pondok Pesantren Annur, 2) Mengetahui perilaku terpuji santri Pondok Pesantren Annur, 3) Mengetahui motivasi belajar santri Pondok Pesantren Annur, 4) Mengetahui pengaruh kedisiplinan shalat fardu terhadap perilaku terpuji santri Pondok Pesantren Annur, 5) Mengetahui pengaruh kedisiplinan shalat fardu terhadap motivasi belajar santri Pondok Pesantren Annur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 54 santri. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh santri yang masih aktif belajar di lembaga pondok pesantren Annur tahun 2023. Metode pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 25 for windows, Microsoft Office 2013, dan Microsoft Office 2016. Sebelum dilakukan uji analisis, maka dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa, kedisiplinan shalat faru, perilaku terpuji, dan motivasi belajar di Pondok Pesantren An-Nur sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 69% untuk kedisiplinan shalat fardu, 61% untuk perilaku terpuji, dan 65% untuk motivasi belajar. Hasil olah analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa kedisiplinan shalat fardu memiliki pengaruh sebesar 10,9% terhadap perilaku terpuji santri dan 9,2% terhadap motivasi belajar santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 19:14
Last Modified: 22 Mar 2024 19:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20126

Actions (login required)

View Item View Item