EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

KUMALASARI, DEVI NUR (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DEVI NUR KUMALASARI 23070190103.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DEVI NUR KUMALASARI 23070190103.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DEVI NUR KUMALASARI 23070190103.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DEVI NUR KUMALASARI 23070190103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika materi aljabar kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga. Kemudian sampel dalam penelitian ini yaitu VII F dan VII G dengan cara Cluster random sampling. Adapun variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Soal tes di uji menggunakan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, pada uji hipotesis dengan uji one sample t-test, dan uji independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa nilai rata-rata hasil belajar menggunakan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) mencapai nilai yang ditetapkan yaitu 82,93≥75 yang didukung dengan uji one sample t-test diperoleh signifikansi (2 –tailed) 0,000<0,05. Selain itu, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ditunjukkan dengan uji independent t-test didaptkan signifikansi (2 –tailed) 0,014<0,05. Dari analisis data tersebut dapat disimpulakan bahwa penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif terhadap hasil belajar matematika materi aljabar kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 19:37
Last Modified: 22 Mar 2024 19:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20129

Actions (login required)

View Item View Item