PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PAPAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV MIS WONOKASIHAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Handayani, Novita (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PAPAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV MIS WONOKASIHAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NOVITA HANDAYANI 23040190016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian menggunakan metode numbered head together berbantu media papan perkalian pada siswa kelas IV MIS Wonokasihan. Rumusan masalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode numbered head together berbantu media papan perkalian dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian pada siswa kelas IV MIS Wonokasihan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapn perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV MIS Wonokasihan yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan, dengan jumlah keseluruhan 15 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar persiklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode numbered head together dengan media papan perkalian dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi perkalian. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan persiklusnya. Pada pra siklus yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 33%. Sedangkan yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 67%. Pada siklus I yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 47%. Sedangkan yang belum tuntas sebanyak 8 siswa atau 53%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 87%. Sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 siswa atau 13%. Penelitian dihentikan pada siklus II karena sudah memenuhi indikator keberhasilan dan dinyatakan berhasil. Adapun peningkatan hasil belajar siswa, dari prasiklus ke siklsus I naik 14% dan dari siklus I ke siklus II naik 40%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 20:52
Last Modified: 22 Mar 2024 20:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20132

Actions (login required)

View Item View Item