PERAN ORANG TUA SAAT PANDEMI PADA KETERAMPILAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1-3 DI MI ROUDLOTUSYSYUBBAN TAWANGREJO WINONG PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

, Hilma Maftuhah (2024) PERAN ORANG TUA SAAT PANDEMI PADA KETERAMPILAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1-3 DI MI ROUDLOTUSYSYUBBAN TAWANGREJO WINONG PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HILMA MAFTUHAH 23040170102 PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HILMA MAFTUHAH 23040170102 PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HILMA MAFTUHAH 23040170102 PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HILMA MAFTUHAH 23040170102 PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HILMA MAFTUHAH 23040170102 PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HILMA MAFTUHAH 23040170102 PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HILMA MAFTUHAH 23040170102 PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HILMA MAFTUHAH 23040170102 PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maftuhah, Hilma.2023. Peran Orang Tua Saat Pandemi Pada Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1-3 Di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah.Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Orang tua dan Keterampilan Membaca Keterampilan membaca bahasa Indonesia siswa mulai menurun di masa pandemi. Hal tersebut dipengaruhi oleh rendahnya minat baca, serta kurangnya pendampingan orang tua di masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua pada masa pandemi dalam keterampilan membaca pada pembalajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1-3 di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif, metode dalam pengumpulkan data menggunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara. Berdasarkan hasil penelitian peran orang tua terhadap anak pada masa pandemi ini sangatlah penting. yaitu sebagai orang tua dan guru bagi anak di rumah. Kemudian kesulitan yang dialami siswa yaitu mengenai kesulitan pemahaman bacaan karena kurang lancar dalam membaca, pengucapan kalimat yang hanya mudah untuk dibaca, serta suasana hati, menyikapi hal itu langkah yang diambil orang tua dengan memberikan contoh kepada anak hingga anak memahami isi dari bacaan, menjawab pertanyaan dan mampu menyimpulkan isi bacaan, karena peran aktif orang tua yang sangat berpengaruh besar terhadap proses pembelajaran keterampilan membaca anak. Jadi minat membaca dan peran orang tua di masa pandemi terhadap keterampilan membaca Bahasa Indonesia. Implikasi penelitian ini yaitu peranan orang tua sangat penting untuk menumbuhkan minat membaca anak di masa pandemi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2024 01:13
Last Modified: 23 Mar 2024 01:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20141

Actions (login required)

View Item View Item