POLA KOMUNIKASI MAHASISWA PERANTAUAN SE-JABODETABEK (JAKARTA BOGOR DEPOK TANGERANG BEKASI) DI FAKULTAS DAKWAH UIN SALATIGA DALAM MENGHADAPI CULTURE SHOCK

Ramadan, Muhammad Ikbal (2024) POLA KOMUNIKASI MAHASISWA PERANTAUAN SE-JABODETABEK (JAKARTA BOGOR DEPOK TANGERANG BEKASI) DI FAKULTAS DAKWAH UIN SALATIGA DALAM MENGHADAPI CULTURE SHOCK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhamad Ikbal Ramadan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhamad Ikbal Ramadan.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ramadan, M. Ikbal. (2023). Pola Komunikasi Mahasiswa Perantauan Se-Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi) Di Fakultas Dakwah UIN Salatiga Dalam Menghadapi Culture shock. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Unversitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Budi Sunarso, M.M.Pd., M.Si. Kata Kunci: Culture shock, Jabodetabek, Pola Komunikasi Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan mahasiswa perantauan jabodetabek fakultas dakwah UIN Salatiga dalam menghadapi culture shock, 2) untuk mengetahui dampak yang dirasakan mahasiswa perantauan Jabodetabek fakultas dakwah UIN Salatiga dalam menerapkan pola komunikasi dikota perantauan. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis deskriptif kualitatif. peneliti mengerjakan penelitian pada lingkup kampus III UIN Salatiga fakultas dakwah program studi atau jurusan komunikasi dan penyiaran islam tahun Angkatan 2019-2022. Proses pengerjaan penelitian dilaksanakan dalam rentang waktu 3 bulan. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dari wawancara serta observasi secara langsung dengan Mahasiswa perantauan fakultas dakwah secara langsung di kampus 3 UIN Salatiga dan sumber data sekunder yakni literatur yang sesuai dengan kajian penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan obervasi, wawancara, serta menggunakan sebuah bukti berupa dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terakhir untuk validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasilnya menunjukkan bahwa, 1) pola komunikasi yang dilakukan mahasiswa perantauan jabodabek di fakultas dakwah UIN Salatiga dalam menghadapi culture shock adalah pola komunikasi primer. Mahasiswa perantauan Jabodetabek sudah merencanakan komunikasi ini dalam rangka beradaptasi dan menghadapi culture shock, mereka juga terlibat aktif dalam kegiatan komunikasi sehingga tujuan mereka berkomunikasi dapat tercapai, 2) dampak yang dirasakan mahasiswa perantuan Jabodetabek fakultas dakwah UIN Salatiga dalam menerapkan pola komunikasi di kota perantauan adalah perbedaan bahasa. Mereka mengalami kendala di bidang bahasa dalam proses adaptasi menghadapi culture shock. Lebih lanjut, dampak atau respons yang mereka alami pun beragam. Namun mayoritas lebih merasa tertarik dengan budaya yang dibawa oleh mahasiswa perantauan Jabodetabek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2024 19:05
Last Modified: 24 Mar 2024 19:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20146

Actions (login required)

View Item View Item