KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KETERAMPILAN GURU AQIDAH AKHLAK DI MTS NURUL HUDA GLADAGSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024

setyawan, Danang (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KETERAMPILAN GURU AQIDAH AKHLAK DI MTS NURUL HUDA GLADAGSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SIAP CETAK DANANG.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DANANG SETYAWAN SKRIPSI 23010180238.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DANANG SETYAWAN SKRIPSI 23010180238.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DANANG SETYAWAN SKRIPSI 23010180238.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Setyawan, Danang. 2023. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Keterampilan Guru Aqidah Akhlak Di Mts Nurul Huda Gladagsari Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Keterampilan Guru Aqidah Akhlak, Kompetensi Pedagogik. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru aqidah akhlak. 2) Mengetahui program-program kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan keterampilan guru akidah akhlak. 3) Mengetahui implementasi program-program kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan keterampilan guru akidah akhlak di MTs Nurul Huda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer mencakup hasil wawancara dan observasi, sumber data sekunder dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Adapun untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan keterampilan guru adalah dengan memaksimalkan peran kepala sekolah sebagai motivator dan peran kepala sekolah sebagai manajer. 2) Program kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan keterampilan guru meliputi: kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), In-Home Training (IHT), pelatihan, Supervisi dan Program Khusus Khusus Guru Aqidah Akhlak. 3) Implementasi program kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan keterampilan guru dengan dilaksanakannya program-program secara rutin dan berkala sesuai dengan yang telah dijadwalkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 14:53
Last Modified: 25 Mar 2024 14:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item