PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS MATERI HUKUM BACAAN MAD 'IWAD, MAD LAYYIN, MAD 'ARID LISSUKUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN MEDIA MYSTERY BOX PADA SISWA KELAS VIII MTS NU RAUDLATUL MUALLIMIN WEDUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2023/2024

Nafisah, Vivi Zahrotun (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS MATERI HUKUM BACAAN MAD 'IWAD, MAD LAYYIN, MAD 'ARID LISSUKUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN MEDIA MYSTERY BOX PADA SISWA KELAS VIII MTS NU RAUDLATUL MUALLIMIN WEDUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Zahro FIKS1-2.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nafisah, Vivi. Zahrotun. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits Materi Hukum Bacaan Mad 'Iwad, Mad Layyin, Mad 'Arid Lissukun Dengan Menggunakan Metode Drill and Practice Berbantuan Media Mystery Box Pada Siswa Kelas VIII MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci : Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits, Metode Drill and Practice, Berbantuan Media Mystery Box Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah metode drill and practice berbantuan media mystery box dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin, mad ‘arid lissukun pada siswa kelas VIII MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung Kabupaten Demak tahun ajaran 2023/2024. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini termasuk dalam dua siklus dengan empat langkah-langkah penelitian: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung di Kabupaten Demak yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan termasuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen peneliti adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tes, lembar observasi untuk guru dan lembar observasi untuk siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif atau analisis data kualitataif atau gabungan dari keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung Kabupaten Demak tahun ajaran 2023/2024 dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits, materi hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin, mad ‘arid lissukun dengan metode drill and practice bantuan media mystery box. Siswa yang tuntas pada pretest adalah 15 siswa atau 44,12% dan siswa yang tidak tuntas 19 siswa atau 55,88% pada pretest dari total siswa, dengan rata-rata kelas 73,88. Pada siklus I siswa yang tuntas adalah 23 siswa atau 67, 65% dan siswa yang tidak tuntas 11 siswa atau 32,35% dari total siswa, dengan rata-rata 82,24. Sedangkan Siklus II yang tunts 31 siswa atau 91,18% dan siswa yang tidak tuntas 3 siswa atau 8,82% dari total siswa, dengan rata-rata kelas 85,18. Selanjutnya, penelitian melakukan remedial dengan meminta sekolah untuk mengatasi tiga siswa yang belum tuntas karena mereka memiliki kemampuan yang buruk untuk menyerap materi. Siswa remedial diberi kesempatan untuk mencoba soal yang sama lagi dengan nilai 75. Oleh karena itu, hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung Kabupaten Demak tahun ajaran 2023/2024 dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode drill and practice bantuan media mystery box.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 17:21
Last Modified: 25 Mar 2024 17:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20160

Actions (login required)

View Item View Item