IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA SALATIGA NOMOR 118 TAHUN 2020 PERSPEKTIF SIYASAH SYARI’YYAH (Studi Penyelenggaraan Ketertiban Umum Di Kelurahan Mangunsari Kota Salatiga)

Markamah, Iroh (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA SALATIGA NOMOR 118 TAHUN 2020 PERSPEKTIF SIYASAH SYARI’YYAH (Studi Penyelenggaraan Ketertiban Umum Di Kelurahan Mangunsari Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI IROH MARKAMAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI IROH MARKAMAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI IROH MARKAMAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam Pasal 14 Ayat 2 Huruf D Peraturan Walikota Salatiga Nomor 118 Tahun 2020, lurah sebagai pelaksana di tingkat kelurahan diamanahi tugas dalam menjamin keamanan dan ketertiban umum di masyarakat. Hal demikian juga selaras dengan konsep Imamah dalam Siyasah Syari’yyah, yaitu sebagai sosok pemimpin harus menciptakan keamanan guna kemaslahatan rakyatnya. Namun pada kenyatannya di Salatiga sendiri masih ditemukan pelanggaran ketertiban umum, bahkan menurut berita yang diakses dari media solo pos Mangunsari menjadi kelurahan dengan indeks keamanan dan ketertiban umum yang buruk di Kota Salatiga. Untuk itu penelitian dibuat untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Walikota Salatiga Nomor 118 Tahun 2020 dalam pelaksanaan penyelenggaraan keamanan dan ketertiban umum di Kelurahan Mangunsari Kota Salatiga, serta bagaimana tolak ukur pelaksanaan penyelenggaraan keamanan dan ketertiban umum di Kelurahan Mangunsari Kota Salatiga berdasarkan konsep Siyasah Syari’yyah. Adapun jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian hukum non doctrinal, dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi selanjutnya diolah dengan mereduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan data, dan di cek keabsahanya menggunakan metode trianggulasi. Penelitian ini menemukan bahwa, implementasi Peraturan Wali Kota Salatiga No. 118 Tahun 2020 dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban umum di Kelurahan Mangunsari tidak terlaksana secara maksimal, dikarenakan kurangnya kesadaran dari masyarakat dalam melaksanakan jaga malam di pos ronda, yang mana imbas dari tidak terkoordinasinya sejumlah warga oleh pihak kelurahan mengingat terlalu banyaknya jumlah penduduk. Selanjutnya, tolak ukur pelaksanaan penyelenggaraan keamanan dan ketertiban umum di Kelurahan Mangunsari Kota Salatiga berdasarkan konsep Siyasah Syari’yyah juga belum dapat tercapai, mengingat di Kelurahan Mangunsari masih banyak terjadi pelanggaran keamanan dan ketertiban umum. Hal demikian tidak sejalan dengan konsep Siyasah Syari’yyah yakni Prinsip Wahdatul Ummah, Al-Adalah, Karomah Insaniyah, Al-Musawah, Tasamuh, kerjasama manusia, Al-Huriyah, Al-Huriyah, dan Al-Ahklak Al-Karimah. Serta Ad-dharu yuzalu (kemudaratan harus dihilangkan; jalbul mashalih wa daf’ul mafasid (meraih kemaslahatan dan menolak kemudaratan); al-mashlahul ‘ammah muqaddamah ‘alal mashlahatil khasshah (kemaslahatan publik didahulukan daripada kemaslahatan pribadi).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 17:40
Last Modified: 25 Mar 2024 17:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20162

Actions (login required)

View Item View Item