PEMBINAAN MORAL KEAGAMAAN DAN DISIPLIN PADA SISWA MTS AMAL SHOLEH SUMOGAWE KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Nisa', Izzatun (2024) PEMBINAAN MORAL KEAGAMAAN DAN DISIPLIN PADA SISWA MTS AMAL SHOLEH SUMOGAWE KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Izzatun Nisa 23010190107 FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Izzatun Nisa 23010190107 FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Izzatun Nisa 23010190107 FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nisa, Izzatun. 2024. Pembinaan Moral Keagamaan dan Disiplin pada Siswa MTs Amal Sholeh Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024: Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wakhidati Nurrohmah Putri, M. Pd. I. Kata Kunci: Pembinaan; Moral Keagamaan; Disiplin Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk pembinaan moral keagamaan. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan moral keagamaan. (3) Bentuk pembinaan disiplin. (4) Faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan disiplin pada siswa di MTs Amal Sholeh Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data diperkuat dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembinaan moral keagamaan di MTs Amal Sholeh melibatkan suri tauladan yang baik, pembiasan kegiatan keagamaan, dan penguatan pendidikan akhlak. (2) Faktor pendukungnya melibatkan partisipan warga sekolah, lingkungan masyarakat, dan komunikasi orang tua dengan guru. Faktor penghambatnya melibatkan latar belakang siswa, kurangnya perhatian orang tua, penggunaan handphone yang berlebihan, dan sarana sekolah. (3) Pembinaan disiplin mencakup jalannya kegiatan sekolah, pemberian hukuman dan penghargaan, penentuan tata tertib dan penegakannya. (4) Faktor pendukungnya melibatkan motivasi orang tua dan guru, fasilitas sekolah yang memadai, dan kesadaran diri siswa. Faktor penghambatnya termasuk kebiasaan malas siswa dan pengaruh teman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 17:46
Last Modified: 25 Mar 2024 17:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20165

Actions (login required)

View Item View Item