MANAJEMEN DALAM PENGEMBANGAN SIKAP ALTRUISTIK PADA JAMAAH THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-IHSAN AL-AMIN KECANDRAN KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA

, Siti Nur Anisa (2024) MANAJEMEN DALAM PENGEMBANGAN SIKAP ALTRUISTIK PADA JAMAAH THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSABANDIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-IHSAN AL-AMIN KECANDRAN KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Siti Nur Anisa-43020190098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Siti Nur Anisa-43020190098.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anisa, Siti Nur. 2023. Manajemen Dalam Pengembangan Sikap Altruistik Pada Jamaah Thariqah Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Di Pondok Pesantren Al-Ihsan Al-Amin Kecandran, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sri Rokhmiyati, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Sikap Altruistik, dan Thariqah Qadiriyah Wa Naqsabandiyah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen dalam lembaga thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah di Pondok Pesantren Al-Ihsan Al-Amin, dan bentuk kegiatan dalam pengembangan sikap altruistik pada jamaah thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah di Pondok Pesantren Al-Ihsan Al-Amin Kecandran, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. Metode penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan informasi dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data meliputi sumber data primer diperoleh hasil wawancara terhadap mursyid, jamaah thariqah, dan santri pondok pesantren. Untuk data sekunder didapat melalui kajian literatur seperti jurnal, studi pustaka, dan dokumen lembaga thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah di Pondok Pesantren Al-Ihsan Al-Amin Kecandran, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi fungsi manajemen pada lembaga thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah di Pondok Pesantren Al-Ihsan AlAmin Kecandran dapat dikategorikan baik, karena memenuhi kriteria perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang baik. Fleksibilitas, stabilitas, dan jelas dalam perencanaan yang dilakukan mursyid memberikan kenyamanan bagi jamaah. Pengorganisasian dan pengarahan mursyid juga mendapat feedback yang baik oleh jamaah, dan kepercayaan serta rasa kekeluargaan yang erat menambah keleluasaan bagi mursyid untuk membentuk sistem lembaga thariqah. Fungsi pengendalian mencakup faktor internal dan eksternal lembaga. Namun, terdapat kekurangan berupa penyebaran informasi yang kurang efektif dan efisien menimbulkan misskomunikasi pada jamaah. Bentuk kegiatan yang dilakukan dalam upaya pengembangan sikap altruistik pada jamaah thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah terbagi menjadi kegiatan harian yakni wirid thariqah setelah salat fardhu oleh jamaah yang terdapat dzikir nafi isbat, dan dzikir ismu dzat. Kegiatan mingguan berupa Kamisan, serta kegiatan tahunan yang meliputi haul, ziarah, dan pahingan. Keistiqamahan pada amaliah yang diberikan oleh mursyid memberikan dampak pada peningkatan religiusitas jamaah, sehingga dorongan untuk melakukan sikap altruistik juga semakin besar. Karena orientasi yang ditanamkan pada jamaah untuk mencapai derajat wushul atau sampai kepada Allah Swt. sebagai tujuan dari thariqah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Tassawuf dan sufisme
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 18:03
Last Modified: 25 Mar 2024 18:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20169

Actions (login required)

View Item View Item