PENGARUH KEPRIBADIAN HARDINESS TERHADAP OPTIMISME ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI KABUPATEN BREBES

N, Marsyanda Frasya (2024) PENGARUH KEPRIBADIAN HARDINESS TERHADAP OPTIMISME ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI KABUPATEN BREBES. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MARSYANDA FRASYA N.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI MARSYANDA FRASYA N.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI MARSYANDA FRASYA N.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novantya, Marsyanda Frasya. (2024). Pengaruh Kepribadian Hardiness Terhadap Optimisme Orang tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kabupaten Brebes. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Avin Wimar Budyastomo, M.Kom. Kata Kunci: Kepribadian Hardiness; Optimisme; Orang tua; Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui berapa besar tingkat kepribadian hardiness orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kabupaten Brebes. (2) Untuk mengetahui berapa besar tingkat optimisme orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kabupaten Brebes. (3) Untuk mengetahui pengaruh kepribadian hardiness terhadap optimisme orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kabupaten Brebes yang berjumlah 307 orang tua. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang tua yang diambil menggunakan rumus slovin dengan margin error 10% Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket berupa Skala Kepribadian Hardiness dan Skala Optimisme yang dibuat sendiri oleh penulis. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistik 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepribadian hardiness orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Brebes berada pada kategori sedang sebanyak 54 orang tua (77,1%). (2) Optimisme orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Brebes berada pada kategori sedang sebanyak 48 orang tua (68,6%). (3) Hasil hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > nilai ttabel (6.508 > 1.668) artinya, kepribadian hardiness berpengaruh secara positif signifikan terhadap optimisme orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Brebes. Pada tabel model summary dengan melihat nilai (Rsquare = 0,384) maka besar pengaruh kepribadian hardiness terhadap optimisme adalah 38,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 18:19
Last Modified: 25 Mar 2024 18:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20173

Actions (login required)

View Item View Item