Strategi Keterampilan Ibadah Anak Berkebutuhan Khusus di SLB NU Reksosari Tahun Ajaran 2022/2023

, Iko darmawan (2024) Strategi Keterampilan Ibadah Anak Berkebutuhan Khusus di SLB NU Reksosari Tahun Ajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Iko Darmawan 23010180146.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Iko Darmawan 23010180146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Darmawan, Iko. 2023. Skripsi. Strategi Keterampilan Ibadah Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Nu Reksosari tahun ajjaran 2022/2023.: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.P.d. Kata kunci: Strategi Keterampilan; Ibadah; Tunagrahita. Dalam penelitian ini terdapat beberapa tujuan penelitian, yaitu: (1) Untuk mengetahui strategi keterampilan ibadah bagi anak berkebutuhan khusus di SLB NU Reksosari tahun ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung strategi keterampilan ibadah bagi anak berkebutuhan khusus di SLB NU Reksosari tahun ajaran 2022/2023 (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pennghambat strategi pembelajaran keterampilan ibadah bagi anak berkebutuhan khusus di SLB NU Reksosari tahun ajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan beberapa prosedur pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru kelas SLB NU Reksosari. Dalam Teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilanjutkan dengan mengecek keabsahan data dengan menggunakan Teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi keterampilan ibadah anak tunagrahita di SLB NU Reksosari dilakukan dengan berbagai upaya. Strategi tersebut yaitu dengan penggunaan strategi pembelajaran yang beragam dengan metode-metode di dalamnya meliputi pembelajaran langsung dengan berbagai metode seperti metode ceramah, pembiasaan, praktek, pengulangan, pendekatan individu, tanya jawab, drill, dan demonstrasi. (2) Faktor pendukung dalam strategi keterampilan ibadah anak tunagrahita di SLB NU Reksosari meliputi faktor internal yaitu kreatifitas guru dalam memberikan pembelajaran bagi siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan yang berbasis agama, dukungan dari orang tua, komitmen warga sekolah. (3) Faktor penghambat dalam strategi keterampilan ibadah anak tunagrahita di SLB NU Reksosari meliputi faktor internal yaitu kurangnya semangat siswa, siswa yang sulit diatur.sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan pergaulan yang buruk, keteledoran orang tua dalam mengawasi dan membatasi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 19:53
Last Modified: 25 Mar 2024 19:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20182

Actions (login required)

View Item View Item