IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAUHID DAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA SISWA DI SMP IT IZZATUL ISLAM GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Haq, Muhammad Hisbul (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAUHID DAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA SISWA DI SMP IT IZZATUL ISLAM GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMMAD HISBUL HAQ 23010190413.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUHAMMAD HISBUL HAQ 23010190413.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUHAMMAD HISBUL HAQ 23010190413.pdf

Download (2MB)

Abstract

Haq, Muhammad Hisbul. Implementasi Pendidikan Tauhid dan Karakter Peduli Sosial di SMP IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Tauhid, Karakter Peduli Sosial Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan tauhid pada siswa di SMP IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi karakter peduli sosial pada siswa di SMP IT Izzatul Islam Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. (3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan tauhid dan karakter peduli sosial pada siswa di SMP IT Izzatul Islam Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data yaitu data primer yang meliputi kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, guru Bimbingan Konseling, waka kurikulum, dan siswa serta data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan tauhid pada siswa di SMP IT Izzatul Islam Getasan sudah berjalan baik. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai kegiatan yang mendukung dalam implementasi pendidikan tauhid. Kegiatan yang mendukung seperti sholat dhuha, berdo’a sebelum belajar, dzikir ma’tsurat, sholat berjamaah, dan do’a bersama setelah sholat. Kegiatan rutin seperti mabit, kajian keislaman, dan Bina Pribadi Islami yang menjadi sarana evaluasi ibadah. (2) Implementasi karakter peduli sosial pada siswa di SMP IT Izzatul Islam Getasan sudah berjalan baik. Dibuktikan dengan aktivitas yang mencerminkan karakter peduli sosial seperti, membantu teman yang kesulitan belajar, menjenguk teman sakit, budaya (5S) senyum, salam, sapa, sopan, santun. Kemudian siswa rutin berinfaq dan pada hari-hari tertentu sekolah mengadakan bakti sosial. (3) Faktor pendukung implementasi pendidikan tauhid dan karakter peduli sosial pada siswa yaitu tingkat kesadaran siswa yang baik, dukungan orang tua, kebijakan sekolah yang mendukung. Faktor penghambatnya yaitu terbatasnya SDM, keterbatasan sarana dan prasarana, manajemen waktu kurang, dan lingkungan pertemanan siswa kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 20:44
Last Modified: 25 Mar 2024 20:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20190

Actions (login required)

View Item View Item