HUBUNGAN PREOCCUPATION, GUIDANCE, CONVICTION, DAN EMOTIONAL INVOLVEMENT PADA SISWA SMA DAN MA MENGGUNAKAN METODE DIMENSIONAL OF RELIGIOSITY SCALE

Mulyaningsih, Rahayu (2024) HUBUNGAN PREOCCUPATION, GUIDANCE, CONVICTION, DAN EMOTIONAL INVOLVEMENT PADA SISWA SMA DAN MA MENGGUNAKAN METODE DIMENSIONAL OF RELIGIOSITY SCALE. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Analisis Religiusitas_Rahayu Mulyaningsih_23010190452 (6).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Analisis Religiusitas_Rahayu Mulyaningsih_23010190452 (6).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Analisis Religiusitas_Rahayu Mulyaningsih_23010190452 (6).pdf

Download (3MB)

Abstract

Mulyaningsih, Rahayu. 2023. Hubungan Preoccupation, Guidance, Conviction, Dan Emotional Involvement Pada Siswa Sma Dan Ma Menggunakann Metode Dimensional of Religiosity Scale. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen pembimbing: Andi Bahtiar Semma, M.Kom. Kata kunci: Religiusitas; Dimensional of Religiosity Scale; SMA dan MA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuii bagaimana sekolah Islam dan Umum dalam membentuk religiusitas siswa, dan bagaimana perbandingan antara keduanya (sekolah Islam dan Umum. Religiusitas adalah sebuah kontrol diri seseorang dalam berpikir, bertindak dan bersikap. Sikap religiusitas sebagian besar dibentuk melalui pendidikan yang ada di sekolah.. Penelitian ini menggunakann pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif, dan korelasional. Penelitian ini mencakup populasi dan sampel yang terlibat sekolah Islam (MA Negeri Salatiga & SMA Swasta Muhammadiyah Plus) & Sekolah Umum (SMA Negeri 3 Salatiga & SMK Swasta Telekomunikasi Tunas Harapan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pra penelitian (observasi), kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi Preoccupation (kekhusyukan) antaraa sekolah Islam memiliki nilai lebihh tinggi yaitu 182.47 dan sekolah Umum 108.53, berarti terdapat perbedaan dan terlihat bahwa sekolah Islam memiliki kekhusyukan lebihh tinggi. Pada dimensi Guidance (bimbingan) antaraa sekolah Islam memiliki nilai lebihh tinggi yaitu 172.61 dan sekolah Umum 118.39, berarti terdapat perbedaan dan terlihat bahwa sekolah Islam memiliki bimbingan agama lebihh baik. Pada dimensi Conviction (keyakinan) antaraa sekolah Islam memiliki nilai lebihh tinggi yaitu 154.86 dan sekolah Umum 136.14, berarti terdapat perbedaan yang tidak terlalu jauh dan terlihat bahwa sekolah Islam memiliki tingkat keyakinan terhadap agama dan Tuhan lebihh tinggi. Pada dimensi Emotional Involvement (keterlibatan emosi) antaraa sekolah Islam memiliki nilai lebihh tinggi yaitu 166.36 dan sekolah Umum 124.64, berarti terdapat perbedaan dan terlihat bahwa sekolah Islam memiliki tingkat keterlibatan emosi dalam beribadah kepada Tuhan lebihh tinggi. Dapat disimpulkan bahwa sekolah Islam memiliki tingkat religiusitas lebihh tinggi daripada sekolah umum yang dipengaruhi beberapa faktor seperti pembiasaan, materi yang didapat dan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 21:11
Last Modified: 25 Mar 2024 21:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item View Item