STRATEGI TAKMIR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI REMAJA MENGIKUTI KAJIAN MINGGUAN KITAB SAFINATUNNAJAH DI MASJID NURUL IMAN KOTA BEKASI

Ma'ruf, Nur Aini (2024) STRATEGI TAKMIR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI REMAJA MENGIKUTI KAJIAN MINGGUAN KITAB SAFINATUNNAJAH DI MASJID NURUL IMAN KOTA BEKASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nur Aini Ma’ruf NIM. 43020190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Aini Ma’ruf NIM. 43020190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Aini Ma’ruf NIM. 43020190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Aini Ma’ruf NIM. 43020190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Aini Ma’ruf NIM. 43020190036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ma’ruf, Aini Nur. 2023. Strategi Takmir Dalam Meningkatkan Motivasi Remaja Mengikuti Kajian Mingguan Kitab Safinatunnajah Di Masjid Nurul Iman Kota Bekasi. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisno M.Pd.I. Kata Kunci: Staregi; Takmir; Motivasi Remaja; Kajian Mingguan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana strategi takmir dalam meningkatkan motivasi remaja mengikuti ajian mingguan kitab Safinatunnajah. 2) mengetahui dampak meningkatnya motivasi remaja dalam mengikuti kajian mingguan kitab safinatunnajah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mana jenis penelitian ini bersifat field research atau studi lapangan dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh penulis yaitu: 1) Strategi yang takmir terapkan dapat meningkatkan motivasi remaja untuk mengikuti kajian mingguan kitab safinatunnajah dengan analisis 5p, strategi yang diterapkan: Mengadakan kajian gabungan atau kajian akbar dengan remaja masjid lain, pembuatan piket untuk persiapan kajian bagi remaja putri diambil dari daftar TPQ remaja, pembuatan jadwal moderator bagi tiap remaja untuk memandu saat kajian sesi tanya jawab, mengadakan pelatihan rebana untuk remaja putri maupun laki-laki, Mengadakan kuis berhadiah tiap akhir kajian agar remaja memperhatikan dan fokus, waktu dan hari yang fleksibel mengikuti kesepakatan para remaja, semua kegiatan ini akan diabadikan dan diupload ke media sosial majelis taklim Nurul Iman. Penerapan strategi ini berdampak pada meningkatnya jumlah remaja yang mengikuti kajian mingguan kitab safinatunnajah, dengan jumlah awal hanya kurang lebih 10 remaja. Meningkat hingga 30 remaja secara bertahap. Selain jumlah remaja yang meningkat, mereka menjadi lebih aktif dalam mengikuti kajian ini. 2) Dampak meningkatnya motivasi remaja dalam mengikuti kajian mingguan kitab safinatunnajah di masjid Nurul Iman yaitu: remaja mempunyai semangat tiap mengikuti kajian untuk jadi yang terbaik dan mendapatkan apresiasi yang setara, remaja mempunyai semangat dalam mengembangkan jiwa bersosialisasi, mereka dapat mengkondisikan serta mengendalikan situasi dan mempengaruhi tiap remaja agar tetap mengikuti kajian dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 23:56
Last Modified: 25 Mar 2024 23:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20196

Actions (login required)

View Item View Item