PERAN PERHATIAN ORANG TUA PROFESI BURUH PABRIK TERHADAP DINAMIKA PERKEMBANGAN REMAJA DI DESA REJOSARI KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK

arif, irma isnafia (2024) PERAN PERHATIAN ORANG TUA PROFESI BURUH PABRIK TERHADAP DINAMIKA PERKEMBANGAN REMAJA DI DESA REJOSARI KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_ IRMA ISNAFIA ARIF_43040180112.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Arif, Irma Isnafia. (2023). Peran Perhatian Orang Tua Profesi Buruh Pabrik Terhadap Dinamika Perkembangan Remaja Di Desa Rejosari Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Bahroni, M. Pd. Kata Kunci: perhatian, orang tua buruh pabrik, perkembangan psikososial, remaja Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui gambaran perkembangan psiksosial remaja yang memiliki orang tua buruh pabrik di Desa Rejosari, (2) mengetahui kendala profesi buruh pabrik dalam memperhatikan perkembangan anak remaja di Desa Rejosari, dan (3) mengetahui bentuk-bentuk peran perhatian orang tua profesi buruh pabrik dalam memperhatikan perkembangan remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tentang perhatian orang tua buruh pabrik terhadap dinamika perkembangan psikososial remaja. Sumber data dalam penelitian ini yaitu meliputi sumber data primer tiga anak buruh pabrik dan tiga ibu buruh pabrik sedangkan sumber data sekunder meliputi seperti data-data dari kantor kepala desa, serta dokumentasi foto-foto kegiatan selama observasi dan wawancara berlangsung. Teknik dalam menguji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini sebagai berikut yang pertama, gambaran perhatian perkembangan psikososial remaja yang orang tuanya bekerja sebagai buruh pabrik meliputi interaksi dengan orang tua, interaksi dengan teman sebaya dan identitas individual. Kedua, kendala orang tua buruh pabrik dalam memperhatikan perkembangan psikososial anak remaja dalam pelaksanakannya dikarenakan terbatasnya waktu dalam mengawasi dan kurangnya ekonomi dalam keluarga serta kurangnya pendidikan orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Ketiga bentuk peran perhatian orang tua buruh pabrik dalam memperhatikan perkembangan psikososial remaja meliputi rasa kasih sayang, rasa nyaman, motivasi, keadilan dan religi yang dapat diwujudkan dengan membudayakan sikap terbuka dan saling mengingatkan, komunikasi yang jelas dan dukungan antar orang tua dan anak, serta pendampingan pendidikan kepada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2024 16:45
Last Modified: 26 Mar 2024 16:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20205

Actions (login required)

View Item View Item