PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN SPIRITUALITAS TERHADAP TINGKAT LONELINESS PADA LANSIA DI0PONDOK PESANTREN LANSIA RADEN RAHMAT KABUPATEN SEMARANG

septyana, Lia (2024) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN SPIRITUALITAS TERHADAP TINGKAT LONELINESS PADA LANSIA DI0PONDOK PESANTREN LANSIA RADEN RAHMAT KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Lia Septyana-NIM. 43040190250.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Lia Septyana-NIM. 43040190250.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Lia Septyana-NIM. 43040190250.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Septyana, Lia. 2023. Pengaruh Dukungan Sosial dan Spiritualitas terhadap Tingkat Loneliness pada Lansia di Pondok Pesantren Raden Rahmat Kabupaten Semarang. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikolofi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Hermawan, M.A. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Spiritualitas, Loneliness Tujuan penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui variasi dukungan sosial terhadap tingkat loneliness pada lansia di Pondok Pesantren Raden Rahmat Semarang. (2) Untuk mengetahui variasi spiritualitas terhadap tingkat loneliness pada lansia di Pondok Pesantren Raden Rahmat Semarang. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh dukungan sosial dan spiritualitas secara bersama-sama terhadap variasi loneliness pada lansia di Pondok Pesantren Raden Rahmat Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kausalitas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala, observasi, dan wawancara awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri lansia pondok pesantren Raden Rahmat Kabupaten Semarang sebanyak 40, teknik sampling yang digunakan ialah teknik sampling non probability sampel jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Variasi dukungan sosial pada lansia tergolong pada kategori sedang, dimana terdapat 6 (15%) responden dengan dukungan social rendah, 28 (70%) responden dengan dukungan sosial sedang, dan terdapat 6 (15%) responden dengan dukungan sosial tinggi; (2) Variasi spiritualitas pada lansia tergolong pada kategori sedang, dimana terdapat 3 (8%) responden dengan spiritualitas rendah, 28 (70%) responden dengan spiritualitas sedang, dan terdapat 9 (23%) responden dengan spiritualitas tinggi; dan (3) Terdapat pengaruh signifikan antara dukungan sosial dan spiritualitas terhadap tingkat loneliness pada lansia di pondok pesantren raden rahmat kabupaten semarang. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji regresi X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0.000 < 0.05. dukungan sosial dan spiritualitas memiliki besaran pengaruh sebesar 40.9% terhadap tingkat kesepian. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha terbukti dan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? -- Subyek -- ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2024 17:51
Last Modified: 26 Mar 2024 17:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20208

Actions (login required)

View Item View Item