PERUBAHAN HARGA PADA AKAD JUAL BELI BUNGA TINJAUAN PEMIKIRAN LAWRENCE FRIEDMAN ATAS BUDAYA HUKUM (Studi Kasus Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang)

SOFIATUSSOLIKHAH, NUR (2024) PERUBAHAN HARGA PADA AKAD JUAL BELI BUNGA TINJAUAN PEMIKIRAN LAWRENCE FRIEDMAN ATAS BUDAYA HUKUM (Studi Kasus Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NUR SOFIATUSOLIKHAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI NUR SOFIATUSOLIKHAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI NUR SOFIATUSOLIKHAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Kenteng Kecamatan Bandungan terkenal dengan penghasil bunga. Tanaman tersebut ada sejak jaman Penjajahan Belanda hingga sekarang. Namun dalam proses jual beli tidak selalu berjalan lancar. Pokok permasalahan disini adalah dalam proses transaksi jual belinya, transaksi ini fokusnya antara petani dan pemasok. Petani sebagai penjual dan pemasok sebagai pembeli. Disini petani sebagai pematok harga untuk harga yang sesuai saat itu karena untuk bunga sendiri memiliki harga yang fluktuatif yaitu perubahan harga khusus yang disebabkan oleh mekanisme pasar yang perubahannya berupa kenaikan maupun penurunan nilai harga itu sendiri. Namun praktek ini tetap berlangsung bahkan sudah lebih dari 15tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Praktek Perubahan Harga Pada Jual Beli Bunga di Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang dan penyebab terjadinya perubahan harga akad jual beli bunga ditinjau dari pemikiran Lawrence Friedman atas budaya hukum di Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field research) dengan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif yaitu temuan fakta-fakta penelitian yang dituangkan secara logis dan sistematis kemudian dianalisis dijadikan kesimpulan dari penelitian tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis induktif dengan cara untuk memahami sesuatu dengan membuat pengamatan khusus dan kemudian menarik kesimpulan luas berdasar pengamatan. Hasil penelitian ini adalah adanya perubahan harga pada jual beli dimana adanya dusta ataupun khianat karena pembatalan kesepakatan sepihak oleh penjual atau pembeli bunga itu sendiri di Desa Kenteng Kecamatan Bandungan. Kemudian Aturan formal dalam permasalahan ini memang belum ada karena pemerintah desa pun menganggap bahwa terjadinya perubahan harga dalam jual beli khususnya jual beli bunga belum diperlukan dan belum menjadi sesuatu yang urgent.Factor eksternal di Desa Kenteng Kecamatan Bandungan ini menjadi lebih dominan di banding factor internal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2024 19:25
Last Modified: 26 Mar 2024 19:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20219

Actions (login required)

View Item View Item