UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS SUDIRMAN BOARDING SCHOOL JAMBU

ZAHRA, FARAH FADHLILATUZ (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS SUDIRMAN BOARDING SCHOOL JAMBU. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_FARAH FADHLILATUZ ZAHRA_43040190254_PI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_FARAH FADHLILATUZ ZAHRA_43040190254_PI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Farah Fadhlilatuz Zahra. 2024. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Sudirman Boarding School Jambu. Skripsi, Salatiga; Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M. Ag. Kata Kunci: Upaya Guru; Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran motivasi belajar siswa MTs Sudirman Boarding School Jambu. (2) mengetahui upaya-upaya yang dilakukkan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Sudirman Boarding School Jambu. (3) serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Sudirman Boarding School Jambu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dengan jenis metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber primer yakni hasil wawancara kepada guru, siswa, dan observasi langsung di lapangan. Sedangkan sumber sekunder berupa dokumentasi dan arsip sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan teknis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa MTs Sudirman Boarding School Jambu masih kurang memiliki motivasi dalam belajar, dilihat dari indikator motivasi belajar berupa dorongan mencapai sesuatu terlihat banyak siswa yang tidak memperhatikan guru dengan berbicara atau mengobrol sendiri, komitmen siswa kurang tertarik dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran di kelas, sikap inisiatif siswa yang kurang terlihat seringnya keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung, dan sikap optimisnya siswa tidak selalu mau ditunjuk oleh guru. (2) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Sudirman Boarding School Jambu, adalah menggunakan teknik pendekatan psikologi yakni pendekatan reinforcement dan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT), selain itu guru juga mengoptimalkan metode pembelajaran di kelas. (3) faktor pendukung motivasi belajar siswa berasal dari dukungan orang tua, minat bakat siswa, sarana prasana sekolah, media pembelajaran, dan cara penyampaian guru dalam pembelajaran. Faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa diantaranya dorongan dari dalam siswa sendiri, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sosial dari teman sebayanya, dan faktor dari guru cara guru mengontrol siswa dalam setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2024 19:40
Last Modified: 26 Mar 2024 19:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20222

Actions (login required)

View Item View Item