PESAN DAKWAH DALAM PEMENTASAN KESENIAN RAKYAT WAYANG WONG PADA KOMUNITAS LIMA GUNUNG DI DUSUN TUTUP NGISOR DESA SUMBER KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG

, Muhammad Najib (2024) PESAN DAKWAH DALAM PEMENTASAN KESENIAN RAKYAT WAYANG WONG PADA KOMUNITAS LIMA GUNUNG DI DUSUN TUTUP NGISOR DESA SUMBER KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMMAD NAJIB_43010190073.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Najib. Muhammad. 2023. Pesan Dakwah Dalam Pementasan Kesenian Rakyat Wayang Wong Pada Komunitas Lima Gunung Di Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunkasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M. Pd. Kata Kunci: Pesan Dakwah, Kesenian Rakyat Wayang Wong, Komunitas Lima Gunung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pesan Dakwah dalam Pementasan Kesenian Rakyat Wayang Wong pada Komunitas Lima Gunung di Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh meliputi data primer yaitu hasil wawancara dengan ketua hingga penari dalam pementasan kesenian rakyat wayang wong. Data sekunder berupa foto-foto dokumentasi, buku dan referensi lainnya. pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pementasan Kesenian Rakyat Wayang Wong pada Komunitas Lima Gunung di Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Dalam pementasan Wayang Wong ada berbagai tema, dari India ada Mahabharata dan Ramayana, ada juga dari Persia yaitu Kisah Amir Ambyah (Amir Hamzah). Pementasan Wayang Wong di dalamnya terdapat beberapa jenis Gerak seperti Gerak Nadap Galung, Gerakan Matang, Gerakan Mudra Suaradan Gerakan Berjalan. Lalu Alat Musik yang dipakai ada 10 macam mulai dari kendang sampai Gong. Yang paling penting dalam pementasan Wayang Wong yaitu Tata Rias dan Kostum karena hal itu yang menjadi kunci supaya agar sama dengan karakter yang dimainkan. Yang terakhir ada panggung, Panggung yang sama dengan Panggung Wayang Golek tapi lebih besar karena pemeran di dalamnya merupakan orang asli. Pesan Dakwah dalam Pementasan Kesenian Rakyat Wayang Wong pada Komunitas Lima Gunung di Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Pertama, tentang pesan Akidah. Kedua, tentang pesan akhlak. Ketiga, pesan tentang Syari’at.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2024 20:34
Last Modified: 26 Mar 2024 20:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20229

Actions (login required)

View Item View Item