PENGARUH PENYESUAIAN DIRI DAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPUASAN DALAM RELASI SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA RANTAU JAWA BARAT DI UIN SALATIGA

Dharmawan, Sarah Dewi Ilmaa (2024) PENGARUH PENYESUAIAN DIRI DAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPUASAN DALAM RELASI SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA RANTAU JAWA BARAT DI UIN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Sarah Dewii.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Sarah Dewii.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Sarah Dewii.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Sarah Dewii.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dharmawan, Ilmaa Dewi Sarah. 2023 Pengaruh Penyesuaian Diri Dan Penerimaan Teman Sebaya Terhadap Kepuasan Dalam Relasi Sosial Di Kalangan Mahasiswa Rantau Jawa Barat Di Uin Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Reza Ahmadiansah, M.Si. Kata kunci: Penyesuaian Diri, Penerimaan Teman Sebaya, Kepuasan Relasi Sosial, Mahasiswa Rantau. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan antara lain 1) untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri terhadap kepuasan dalam relasi sosial, 2) untuk mengetahui pengaruh penerimaan teman sebaya terhadap kepuasan dalam relasi sosial, 3) untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri dan penerimaan teman sebaya terhadap kepuasan dalam relasi sosial di kalangan mahasiswa rantau Jawa Barat secara bersamaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah Mahasiswa Rantau asal Provinsi Jawa Barat yang saat ini tinggal di Salatiga khususnya anggota organisasi daerah Saung Jabar UIN Salatiga. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga mendapatkan hasil 38 mahasiswa rantau sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Dalam pengumpulan data untuk penelitian ini, digunakan jenis skala psikologi berupa skala Likert yang telah mengalami modifikasi. Analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis dengan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penyesuaian diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dalam relasi sosial di kalangan mahasiswa rantau di Salatiga, yang ditunjukan dari nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05. Adapun nilai thitung = 3,475 ttabel = 2,030 yang menunjukan thitung > ttabel; 2) Penerimaan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dalam relasi sosial di kalangan mahasiswa rantau di Salatiga, , yang ditunjukan dari nilai signifikansi sebesar 0,005<0,05. Adapun nilai thitung = 2,982 ttabel = 2,030 yang menunjukan thitung > ttabel; 3) Penyesuaian diri dan penerimaan teman sebaya secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dalam relasi sosial di kalangan mahasiswa rantau di Salatiga, yang ditunjukan dari nilai signifikansi 0,000<0,05. Adapun nilai Fhitung = 58,215 Ftabel = 3,26 yang menunjukan Fhitung > Ftabel. Besaran sumbangsih variabel penyesuaian diri dan peneriman teman sebaya secara simultan terhadap variabel kepuasan dalam relasi sosial sebesar 75,6%, sedangkan sisanya sebanyak 24,4% dipengaruhi faktor factor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2024 22:35
Last Modified: 26 Mar 2024 22:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20237

Actions (login required)

View Item View Item