IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BAGIAN–BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI MI MAARIFGEDANGAN SKRIPSI

setiorini, Dewi anggreni (2024) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BAGIAN–BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI MI MAARIFGEDANGAN SKRIPSI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Dewi Anggreni (139).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI Dewi Anggreni (139).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI Dewi Anggreni (139).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI Dewi Anggreni (139).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI Dewi Anggreni (139).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI Dewi print jilid(1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiorini, Anggreni. D.2023. Implementasi Metode Mind mapping Dalam Meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA Materi Bagian – Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Di Mi Maarif Gedangan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Peni Susapti, M.Si Kata Kunci : Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma'arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang menggunakan motode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran mind mapping. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi/pengamatan guru, lembar observasi/pengamatan anak didik, dan tes evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi/pengamatan, wawancara, dan tes tertulis. Analisis data dilakukan secara statistik dengan menggunakan rumus presentase, dan siklus dihentikan jika lebih dari atau sama dengan 85% anak didik mencapai angka sesuai presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran mind Mapping berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam materi bagian-bagiab tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV di MI Ma'arif Gedangan. Pada tahap pra-siklus, 43% anak didik mencapai nilai yang tuntas, sedangkan 57% anak didik belum mencapai nilai yang tuntas, dengan rata-rata nilai 67. Setelah siklus I, terjadi peningkatan dengan 71% anak didik mencapai nilai yang tuntas dan 28% anak didik belum mencapai nilai yang tuntas, dengan rata-rata nilai 78. Pada siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut dengan 89% anak didik mencapai nilai yang tuntas, dengan rata-rata nilai 86, dan 11% anak didik belum mencapai nilai yang tuntas. Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 18% antara siklus I dan siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran mind mapping dalam penelitian tindakan kelas berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:39
Last Modified: 27 Mar 2024 04:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20244

Actions (login required)

View Item View Item