Pembinaan Sikap Taqarrub dan Pengembangan Diri pada Santri Putri Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an Semowo Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2023

khusna, Siti mar'atul (2024) Pembinaan Sikap Taqarrub dan Pengembangan Diri pada Santri Putri Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an Semowo Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Siti Mar'atul Khusna revisi-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Siti Mar'atul Khusna revisi-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Siti Mar'atul Khusna revisi-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khusna, Siti Mar’atul. Pembinaan Sikap Taqarrub dan Pengembangan Diri pada Santri Putri Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an Semowo Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata kunci: Pembinaan, Sikap Taqarrub, dan Pengembangan Diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pembinaan sikap taqarrub pada santri putri Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an 2) faktor pendukung dan penghambat sikap taqarrub pada santri putri Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an 3) pembinaan pengembangan diri pada santri putri Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an 4) faktor pendukung dan penghambat pengembangan diri pada santri putri Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan cara pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembinaan sikap taqarrub santri putri Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an dilaksanakan melalui pemahaman yang dilakukan dengan mengkaji kitab kuning terdahulu, dan kegiatan pembiasaan yang meliputi pelaksanaan Sholat wajib lima waktu, sholat sunnah, dzikir atau mujahadah, dan ziarah maqbaroh. 2) faktor pendukung pelaksanaan sikap taqarrub di Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an terdiri dari peran kyai, keterlibatan pengurus, tata tertib atau takziran, dan teman. Dan faktor penghambatnya adalah kurangnya istiqomah para santri, fikiran yang terdistract karena kegiatan sekolah dan pesantren, pengaruh teman. 3) Pembinaan pengembangan diri di Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an Semowo dilaksanakan melalui pendidikan akademik dan non akademik dan dilaksanakan dengan beberapa kegiatan madrasah diniyah, ro’an penjagaan koperasi, khitobah, dan pelatihan mengajar. 4) faktor pendukung pengembangan diri pengembangan diri di Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an Semowo terdiri dari pendidik, minat individu yang bersangkutan, lingkungan. dan faktor penghambat pelaksanaan pengembangan diri di Pondok Pesantren Al-Ittihad Nurul Qur’an Semowo meliputi kesadaran individu, teman sebaya, dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 14:20
Last Modified: 27 Mar 2024 14:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20250

Actions (login required)

View Item View Item