EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Feronika, Rika (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RIKA FERONIKA TIPA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Feronika, Rika. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Komik Strip Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas VIII SMPN 2 Secang Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Creative Problem Solving, Komik Strip, dan Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia kelas VIII SMPN 2 Secang tahun ajaran 2023/2024 melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan komik strip, (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan komik strip pada materi system ekskresi manusia terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 2 Secang tahun ajaran 2023/2024 . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperiment dan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa dan masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel≥≥ yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 butir dengan metode pengumpulan data menggunakan Pretest-Posttest soal yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji Independent Samples T-Test yang dihitung dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari belajar IPA siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest 73,30 dan untuk siswa kelas control diperoleh nilai rata-rata 63,30. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol (72,39>63,30). Hal ini dibuktikan dengan uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai thitung (0,002) < ttabel (3,385) dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pembelajaran menggunakan Creative Problem Solving (CPS) berbantuan komik strip pada materi sistem ekskresi manusia efektif terhadap hasil brlajar IPA siswa kelas VIII SMPN 2 Secang Kabupaten Magelang tahun jaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 16:56
Last Modified: 27 Mar 2024 16:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20257

Actions (login required)

View Item View Item