PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS 4 SEMESTER I DI MI DARUL ULUM KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

cahyani, Febi indah (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS 4 SEMESTER I DI MI DARUL ULUM KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FEBI JILID-2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI FEBI JILID-2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI FEBI JILID-2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Cahyani, Febi Indah. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Ips Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa Menggunakan Metode Think Pair Share Dengan Media Poster Pada Siswa Kelas 4 Semester I Di Mi Darul Ulum Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahFakultas Tarbiyah dan Ilmu KeguruanUniversitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Rasimin,M.Pd. Kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Model Think Pair Share, Media Poster Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di MI Darul Ulum Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2023/2024 dengan menggunakan metode think pair share berbantu media poster. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) , karena penelitian ini akan dilakukan tindakan penyelesaian masalah dengan metode pembelajaran beserta media pembelajaran, dan akan diukur sampai dimana tingkat keoptimalan tindakan dengan metode dan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata Pelajaran IPS. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi guru dan siswa. Strategi yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Dari data pra siklus sampai siklus II dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila telah ≥80% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Berdasarkan hasil perhitungan skor pada pra siklus hanya 3 siswa (18,75%) yang tuntas belajar dengan rata-rata skor hasil belajar adalah 60,75, namun pada siklus ini belum memenuhi ketuntasan klasikal karena ≤ 80% siswa mendapat nilai ≥78. kemudian di siklus I meningkat menjadi 7 siswa tuntas (43,75%),tapi pada siklus I masih belum memenuhi ketuntasan klasikal karena ≤80% siswa mendapat nilai ≥78. Sedangkan di siklus ke II, mendapat kenaikan menjadi 13 siswa (81,25%) yang tuntas dengan rata-rata skor hasil belajar adalah 80,2, maka sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan maka hipotesis dalam penelitian ini telah terbukti melalui penerapan metode pembelajaran think pair share dengan media poster dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Darul Ulum Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 17:05
Last Modified: 27 Mar 2024 17:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20260

Actions (login required)

View Item View Item